Minggu, 23 Juni 2024 WIB

Pencuri BBM Milik PT Pertamina Patra Niaga, Diadili di PN Medan

Redaksi - Selasa, 04 April 2023 16:33 WIB
360 view
Pencuri BBM Milik PT Pertamina Patra Niaga, Diadili di PN Medan
Foto: Reuters
Ilustrasi
Medan (SIB)
Terdakwa SH, warga Medan Belawan diadili dalam perkara mencuri Bahan Bakar (BBM) berjenis solar milik PT Pertamina Patra Niaga Fuel Terminal Group, di Belawan.

Jaksa Penuntut Umum (JPU), Bella Azigna Purnama dalam persidangan yang digelar di Pengadilan Negeri (PN) Medan, Senin (3/4) menghadirkan dua saksi yakni Santo Roshisarna Purba dan Deni Sagita selaku sekuriti perusahaan.

Santo menerangkan, ketika itu pihaknya melakukan patroli rutin. Ketika itu, mereka melakukan pengecekan secara berkala terhadap pipa minyak.

"Kemudian, kami menemukan ada pipa berlubang dan menjumpai jerigen yang isinya sebanyak 35 liter minyak. Lalu, kami mencari pelaku yang tidak jauh dari tempat pipa yang bocor," ujarnya.

Sementara itu Deni kepada majelis hakim mengatakan, ketika itu keadaan air laut surut jadi dimungkinkan terdakwa dengan mudah untuk melubangi pipa minyak tersebut.

Setelah mendengar kedua saksi, majelis hakim yang diketuai oleh Abdul Hadi Nasution menanyakan kepada terdakwa. Kemudian terdakwa itu membenarkan atas yang diutarakan oleh saksi.[br]


Sebelumnya JPU membacakan dakwaan, bahwasanya terdakwa pada 18 Januari 2023 sekira pukul 21. 00 WIB, bersama A (DPO) dan An (DPO) mengambil minyak dari pipa pendistribusian minyak (BBM) jenis solar milik PT. Pertamina Patra Niaga Fuel Terminal Medan Group.

Namun saat mereka melancarkan aksinya sekuriti pertamina menangkap dan mengamankan terdakwa. Atas kejadian tersebut PT Pertamina Patra Niaga Fuel Terminal Group mengalami kebocoran dan kerusakan pipa yang terbuat dari besi berdiameter 20 inci dengan ketebalan 12 mm sehingga membutuhkan biaya perbaikan sebesar Rp54 juta.

Atas perbuatannya itu, terdakwa diancam pidana dalam Pasal 363 ayat (1) ke 4 Juncto Pasal 53 ayat (1) KUHPidana. (A10/c)

Sumber
: Koran SIB
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Tersangka Korupsi di BLU RSUP H Adam Malik Telah Dilimpahkan Jaksa ke PN Medan
Jon Sarman Saragih Dipromosi Jadi Ketua PN Medan
Jon Sarman Saragih, Hakim yang Vonis Penjara Seumur Hidup Teddy Minahasa Dipromosi Jadi Ketua PN Medan
Jaksa Banding Atas Vonis Tiga Terdakwa Kasus Korupsi PT PSU yang Dihukum masing-masing 9,5 Tahun Penjara
Korupsi di PT PSU, Tiga Terdakwa Divonis Masing-masing 9,5 Tahun Penjara
4 Rekanan Penyuap Bupati Labuhanbatu Non Aktif Divonis Berbeda di PN Medan
komentar
beritaTerbaru