Pencurian Material Tower Telekomunikasi Marak, Warga Pangkalansusu Resah


253 view
Pencurian Material Tower Telekomunikasi Marak, Warga Pangkalansusu Resah
Foto SIB:Lesman Simamora
Kian hari kian banyak material menara telekomunikasi ini hilang digondol maling sehingga membuat warga sekitar resah di Gang Aman Lingkungan V Kelurahan Beras Basah, foto direkam, Kamis (3/3).

Pangkalansusu (SIB)

Akibat maraknya aksi pencurian material Tower di Gang Aman Lingkungan V Kelurahan Berasbasah Kecamatan Pangkalansusu Kabupaten Langkat yang mengakibatkan kondisi Menara Telekomunikasi di daerah itu dikuatirkan berpotensi tumbang.


“Material besi atau skor paling bawah dan tingkat kedua yang hilang diperkirakan mancapai 30 batang”. Kondisi menara seperti itu membuat pengurus surau dan warga semakin resah melihat kondisi bangunan tower, ujar M Syafi'i, tokoh masyarakat di daerah itu kepada SIB, Kamis (3/3).


Ironisnya, kata dia, ada bangunan rumah permanen yang jaraknya hanya sekitar 7 meter dari tiang menara telekomunikasi itu. Sementara jarak bangunan Surau dengan tiang tower itu hanya sekitar 6 meter saja.


Selain itu, jarak bangunan tower dengan beberapa rumah penduduk lainnya itu sekira 15-20 meter, sedangkan tinggi tower mencapai 70 meter.


"Jika bangunan tower tumbang, maka tidak tertutup kemungkinan akan ada sejumlah rumah yang rusak bahkan hancur, termasuk bangunan Surau Al-Jannah," ucap Syafi’i dengan nada prihatin.


Untuk itu diminta kepada Pemkab Langkat agar segera memerintahkan pemilik tower telekomunikasi itu untuk segera menurunkan kerangka tower tersebut.


"Jangan karena jaringan tower sudah tidak aktif lagi, sehingga dibiarkan begitu saja, itu tidak baik, perhatikan juga keselamatan masyarakat dan bangunan di sekitarnya. Jika pemilik tower tak juga peduli dengan asetnya, maka jangan salahkan masyarakat kalau material tower itu diturunkan semuanya demi menjaga keselamatan jiwa warga dan sejumlah bangunan rumah serta bangunan surau di sekitar lokasi tower," ucap dia.


Kepling V Gang Aman Kelurahan Beras Barsah, Surya Ramadan yang ditemui SIB di lokasi tower, juga mengaku prihatin dengan keadaan tower yang materialnya banyak hilang akibat digondol maling.


Menurutnya, kondisi tower yang mengkhawatirkan itu sudah dilaporkan secara tertulis kepada Camat Pangkalansusu. Dia berharap akan ada tindakan nyata dari Pemkab Langkat untuk segera memerintahkan agar pemilik segera mengamankan tower tersebut.


Terpisah, Camat Pangkalansusu, T Syafrie SSTP M.AP mengatakan pihaknya kemarin sudah menyurati Pemda Langkat untuk penangannya. "Kita harapkan isntasi terkait segera turun dan memanggil pemilik tower, serta mengamankan kerangka tower tersebut," ujarnya. (A11/c)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com