Pendamping Desa Tidak Boleh Terlibat dalam Pengadaan Barang dan Jasa


185 view
Pendamping Desa Tidak Boleh Terlibat dalam Pengadaan Barang dan Jasa
Foto: Ist/harianSIB.com
Koordinator Wilayah (Korwil) Pendamping Desa Simalungun, Royani Harahap.

Simalungun (SIB)

Koordinator Wilayah (Korwil) Pendamping Desa Simalungun, Royani Harahap menegaskan Pendamping Desa (PD) tidak diperbolehkan terlibat dalam pengadaan barang dan jasa yang bersumber dari Dana Desa (DD) sesuai dengan ketentuan dari Kementerian Desa.

Hal itu disampaikannya kepada wartawan, Jumat (24/6) menanggapi adanya informasi bahwa salah seorang PD Dolok Batu Nanggar (Dobana) SDH diduga menjadi agen pemasok bibit program ketahanan pangan (Hanpang) di Nagori-nagori yang anggarannya bersumber dari DD tahun 2022.

Royani mengungkapkan bahwa pada beberapa bulan lalu, setelah mendapat informasi dari para Pangulu melalui telepon, sebagai atasan Royani telah mengingatkan dan melarang PD tersebut agar tidak terlibat dalam pengadaan bibit, karena tindakan tersebut melanggar Standar Operasional Prosedur (SOP) dari Kementerian Desa.

Saat itu SDH mengaku, namun bukannya berhenti malah terus dijalankan.

Dengan ramainya pemberitaan di media, Royani akan melayangkan panggilan resmi tersurat kepada yang bersangkutan untuk meminta pertanggungjawaban terkait ulah yang dilakukan sehingga mencoreng nama baik PD.

Penulis
: Redaksi
Sumber
: KORAN SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com