Penerimaan DD dan ADD 161 Desa di Dairi Meningkat Tahun Ini


249 view
Penerimaan DD dan ADD 161 Desa di Dairi Meningkat Tahun Ini
(Foto/SIB Tulus)
BERI KETERANGAN: Kadis Pemdes  Dairi, Simon Tony Malau beri keterangan terkait DD, ADD, BHPRD 2024, yang mengalami peningkatan, Selasa (23/1) di Sidikalang.
Sidikalang (SIB)
Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Pemdes), Simon Tony Malau menyebutkan Dana Desa (DD) dan alokasi dana desa (ADD) serta bagian hasil pajak dan retribusi daerah (BHPRD) tahun 2024 di Kabupaten Dairi mencapai Rp 200,62 miliar lebih.
Simon Tony Malau, Selasa (23/1) menjelaskan, dana tersebut mengalami peningkatan dibandingkatan tahun 2023, dimana DD 2024 sebesar Rp 132,18 M lebih, ADD sebesar Rp 66,26 M lebih dan BHPRD sebesar Rp 2,17 M lebih. Dana tersebut akan disalurkan ke 161 desa di Kabupaten Dairi.
"Penerimaan desa di Dairi 2024 mengalami peningkatan dari 2023 yang jumlahnya sebesar Rp 195,93 M lebih," ungkapnya.
Jumlah DD sebesar Rp 132,18 M lebih, sudah dengan DD Afirmasi dan Kinerja. Tidak semua desa di Dairi mendapat DD Afirmasi dan Kinerja.
Lanjutnya, DD tahun ini, diprioritaskan untuk penyaluran bantuan langsung tunai (BLT), ketahanan pangan dan stunting. Sesuai PMK, pemerintah desa harus mengalokasi minimal 20 persen dari DD, untuk ketahanan pangan. Sementara untuk, BLT maksimal 25 persen.
"Ketahanan pangan untuk pengadaan bibit ikan, bibit jagung dan lainnya yang akan diberikan kepada masyarakat, serta untuk fisik seperti pembukaan jalan usaha tani dan perkerasan," katanya.
Sementara, ADD juga mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya sebesar Rp 62 M lebih menjadi Rp 66,26 M lebih. Anggaran itu, untuk Siltap, operasional, perjalanan dinas dan biaya- biaya rapat serta honor BPD.
"Tahun ini, ada peningkatan penerimaan BPD sebesar Rp 100 ribu per orang setiap bulan," pungkasnya.(**)
Penulis
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com