Penertiban Parkir di Trotoar Pasar Horas, Kasatpol PP Minta Dishub Sampaikan Surat Secara Tertulis


465 view
Penertiban Parkir di Trotoar Pasar Horas, Kasatpol PP Minta Dishub Sampaikan Surat Secara Tertulis
Foto: harianSIB.com/Andomaraja Sitio
Kasatpol PP Pematangsiantar, Robert Samosir saat dimintai tanggapan di kantornya Jalan Adam Malik Simpang Jalan MH Sitorus, Kecamatan Siantar Barat, Jumat (11/6/2021)
Pematangsiantar (harianSIB.com)

Satuan Polisi Pamongpraja (Satpol PP) berhak menertibkan trotoar jalan yang dijadikan lapak parkir dan tempat berjualan pedagang di kawasan Pasar Horas Jalan Merdeka-Sutomo Pematangsiantar.

Kasatpol PP Pematangsiantar, Robert Samosir saat dimintai tanggapan di kantornya di Jalan Adam Malik Simpang Jalan MH Sitorus, Kecamatan Siantar Barat, Jumat (11/6/2021), menyebut pihaknya memang penegak perda, namun dalam hal penertiban parkir harus ada suratnya dari dinas perhubungan dalam hal penertiban.

"Apa dasar kita menertibkan parkir di trotoar jalan Pasar Horas itu kalau tidak ada dikuatkan surat secara tertulis. Mereka juru parkir pasti melakukan perlawanan bila surat penertiban tidak ada kita pegang dari dinas terkait," jelasnya.

Ia mengatakan, Dinas Perhubungan sendiri dalam hal ini pastinya harus tahu tugas dan fungsinya (tupoksi), karena merekalah yang memahami masalah penataan parkir yang melanggar atau tidak.

"Kita siap membantu penataan parkir di kota ini, asalkan resmi sesuai dengan prosedurnya. Jangan lempar tanggung jawab. Seharusnya Dishub meminta kerjasama dan koordinasi sama kita dan begitu juga kepolisian. Karena itulah namanya kerjasama dalam penegakan perda," cetusnya.

Masih sambung Robert, masalah parkir ini sebenarnya gampang, apabila memang juru parkir adanya liar dan melanggar tinggal memecat." Mereka tahu itu semua mana liar dan tidak, bila melanggar kan tinggal dipecat dinas perhubungan," tandasnya.

Sebelumnya, Kadis Perhubungan Pematangsiantar, Esron Sinaga menerangkan penegak perda yakni Satpol PP berhak menertibkan parkir kendaraan roda dua di trotoar jalan kawasan Pasar Horas.

"Kalau masalah parkir di trotoar Pasar Horas itu kita tidak tahu. Penegak perdalah yang menertibkan itu. Kalau kita parkirnya di tepi jalan, jadi silakan mereka menertibkannya," ujarnya sembari meminta polisi menangkap juru parkir liar apabila ada di kota Pematangsiantar saat dimintai tanggapan di kantornya Jalan Sisingamangaraja, Senin (7/6/2021). (*)

Penulis
: Andomaraja Sitio
Editor
: bantors@hariansib.com
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com