Pengadaan Lahan Kuburan Jadi Aspirasi Masyarakat Lubukpakam


131 view
Pengadaan Lahan Kuburan Jadi Aspirasi Masyarakat Lubukpakam
Foto: SIB/Lisbon Situmorang
RESES: Anggota DPRD Deliserdang Bongotan Siburian (berdiri) saat menerima aspirasi masyarakat di dapilnya pada reses tahap III, Selasa (21/9/2021), di Lubukpakam.
Lubukpakam (harianSIB.com)

Masyarakat Lubukpakam sangat mengharapkan Pemkab Deliserdang dapat memfasilitasi pengadan lahan baru untuk tanah kuburan bagi umat kristiani dan muslim. Pasalnya, lahan yang ada saat ini sudah penuh sehingga jika ada jenazah terpaksa dikuburkan secara tumpang tindih.

Jurnalis Koran SIB Lisbon Situmorang melaporkan, aspirasi itu menjadi topik permintaan masyarakat saat anggota DPRD Deliserdang Bongotan Siburian, melaksanakan reses tahap III guna bertemu dan berdialog dengan sekira 200 orang warga atau konstituen di daerah pemilihannya (dapil), Selasa (21/9/2021), di Jalan Tomuan Kelurahan Cemara Kecamatan Lubukpakam.

Edison Sitorus (55) warga Dusun XIV Desa Pasarmelintang, Kecamatan Lubukpakam, menyampaikan saat ini apabila ada warga yang meninggal terpaksa harus membayar Rp 4 juta untuk penguburkan satu jenazah.

“Jika keluarga yang kemalangan tergolong keluarga miskin, bagaiamana dia mampu membayar Rp 4 juta, di saat sedang berduka," katanya.

Untuk itu, masyarakat Kecamatan Lubukpakam sangat berharap anggota DPRD Deliserdang, khususnya dari dapil Lubukpakam, bisa merealisasikan aspirasi mereka berhubung sebahagian kecil dari lahan perkebunan milik negara masih bisa dialihfungsikan demi kepentingan masyarakat.

Selain itu, juga disampaikan sulitnya mencari pupuk bersubsidi untuk kebutuhan petani saat turun tanam dan permintaan pembangunan saluran irigasi tambahan untuk menjangkau lahan pertanian tanaman padi di Dusun XIII dan XIV Desa Pasarmelintang.

Menanggapi aspirasi itu, Bongotan Siburian dari Fraksi Nasdem DPRD Deliserdang, berjanji menampung aspirasi warga untuk dibawa pada rapat kerja dewan.

“Aspirasi ini akan saya bawa dalam pembahasan bersama teman-teman untuk diperjuangkan melalui sidang paripurna dewan agar Pemkab Deliserdang segera merealisaikan lahan baru untuk kuburan,” katanya. (*)

Editor
: Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com