Pengajar Muda Angkatan 1 Akhiri Pengabdian di Nisbar


170 view
Pengajar Muda Angkatan 1 Akhiri Pengabdian di Nisbar
(Foto: harianSIB.com/Evy Daeli)
PENGAJAR MUDA: Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu, didampingi Wabup  Era Era Hia dan sejumlah Kepala OPD berfoto bersama pengajar muda angkatan 1 dan 2, di Ruang Aekhula, Onolimbu, Kecamatan Lahomi, Rabu (14/9/2022). 

Nias Barat (harianSIB.com)

Setahun telah berlalu, pengajar muda angkatan 1 yang mengabdikan diri mendidik anak-anak daerah 3T di wilayah Kabupaten Nias Barat (Nisbar), akhirnya menyelesaikan tanggungjawabnya.


Bupati Nisbar Khenoni berterimakasih dan bersyukur karena kehadiran pengajar muda di wilayah Nisbar, banyak hal positif yang didapat peserta didik, yakni semakin meningkatkan semangat peserta didik dalam mengembangkan bakat yang dimiliki.


"Terima kasih untuk segala pengabdiannya di Pemkab Nisbar, yang rela meninggalkan keluarga dan wilayah asal hanya untuk berbagi ilmu yang dimiliki. Biarlah segala suka duka selama berada di sini dapat diterima sebagai kenangan. Mohon maaf atas kelemahan kami selama mendampingi adik-adik dalam mengajar dan mendidik anak bangsa ini," kata Khenoki, pada acara pisah sambut pengajar muda XXI angkatan 1 dengan pengajar muda XXIII angkatan 2, di Ruang Aekhula, Onolimbu, Kecamatan Lahomi, Rabu (14/9/2022).


Khenoki berpesan pengajar muda di mana pun ditempatkan nantinya untuk mengabdi, dapat menjadi teladan dan motivasi untuk anak bangsa yang sedang menuntut ilmu.


"Hari ini adik-adik angkatan 1 telah usai mengabdikan dirinya di sini, tentu di masa selanjutnya akan ditempatkan di daerah lain. Kiranya semakin semangat lagi dalam mengajar demi anak bangsa yang cerdas dan cemerly. Kiranya kenangan manis yang didapat di sini menjadi semangat buat semuanya untuk lebih kreatif dan inovatif lagi dalam mendidik dan jika ada kenangan pahit yang dirasakan biarlah ditinggal di sini jangan disimpan di dalam hati," kata Khenoki.


Kepada pengajar muda angkatan 2 yang akan mengabdikan diri di Nisbar, khenoki berharap mampu mengemban tugas yang dipercayakan dengan selalu menjalankannya dengan penuh sukacita dan rasa syukur.


"Selamat datang dan selamat mengajar untuk adik-adik pengajar muda angkatan 2 di sekolah yang telah ditentukan. Jangan segan-segan, apa kendala sampaikan kepada kami," katanya.


Khenoki juga meminta kepala sekolah, kepala desa, camat dan masyarakat agar menjaga, membantu serta memberi rasa aman dan nyaman kepada pengajar muda angkatan 2 yang bertugas di wilayah Nisbar.


"Saya titipkan kepada kepala sekolah terutama kepada kepala fesa dan camat agar menjaga keamanan, membantu adik-adik kita ini, mereka tanggungjawab kalian. Tolong dijaga mereka," kata Khenoki.


Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan Nias Barat, Hadrianus Hia mengatakan berdasarkan perjanjian kerja sama (PKS) antara Pemkab Nias Barat dengan Yayasan Indonesia Mengajar, tahun lalu dikirim 8 pengajar muda, 3 laki-laki dan 5 perempuan yang dilakukan selama 5 tahun.


"Tiap tahunnya dikirim tenaga pengajar muda dengan orang yang berbeda. Pengajar muda angkatan pertama terhitung sejak 12 September 2021 dan berakhir 12 September 2022. Sementara untuk Pengajar Muda angkatan kedua ini sebanyak 8 orang yakni 3 laki-laki dan 5 perempuan yang ditempatkan di sekolah dan lokasi yang sama dengan pengajar muda angkatan sebelumnya," kata Hadrianus. (*)





Penulis
: Evy Claudia Shiffer Daeli
Editor
: Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com