Pengamat: Masyarakat Harus Solid Hadapi Tekanan Ekonomi


155 view
Foto Istimewa
Rikanson Jutamardi Purba 
Simalungun (SIB)
Pengamat ekonomi Drs Rikanson Jutamardi Purba Ak menilai, pandemi Covid-19 yang sudah setahun lebih cukup menekan perekonomian masyarakat Kabupaten Simalungun. Pemerintah dan masyarakat harus solid bekerjasama, guna menghadapi tekanan ekonomi.

Menurutnya, data Jakarta Stock Exchange (JSX) dan Bursa Efek Jakarta (BEJ) menunjukkan bahwa nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika jatuh pada level 14.600 pada hari Selasa (13/4/2021) pukul 11.38 WIB. Sedangkan, IHSG (Indeks Harga Saham Gabungan) pada level 5.914,62 atau turun 0,57 persen pada pukul 10.16 WIB.

"Data kurs ini menuntut kerja keras dan kebersamaan warga dalam membenahi ekonomi, sekaligus mengantisipasi dan menanggulangi Covid-19," urai alumni Universitas Padjajaran itu di Pamatangraya, Selasa (13/4), seperti dilansir dari hariansib.com.

Ia berharap, masyarakat patuh pada aturan-aturan yang dibuat pemerintah dan jangan memperkeruh suasana dengan menebarkan berita hoax. Hindari berbelanja kebutuhan pokok secara berlebihan, menimbun bahan makanan, bangunan, dan lainnya yang bersifat spekulatif.

Di sisi lain, mantan auditor BII itu berpendapat, masyarakat tidak perlu ditakut-takuti dengan statement akan adanya penimbunan Sembako (sembilan bahan pokok) oleh oknum tertentu yang memanfaatkan pandemi menjelang perayaan Hari Raya Idul Fitri 1442 H.

"Di sini perlunya peran aktif pemerintah dan aparat penegak hukum untuk tetap mengawasi peredaran Sembako," imbuh Jutamardi.

Pandemi Covid-19 dirasakan telah memandegkan ekonomi. Pengusaha angkutan dan penarik becak mengeluhkan penumpang yang jarang karena sekolah-sekolah tutup. Begitu pula dengan usaha-usaha lainnya.

Kendati demikian, dinilai masih ada beberapa lapangan usaha yang tumbuh positif yakni pertanian, kehutanan, pengadaan listrik dan gas, pengadaan air, pengelolaan sampah, limbah dan daur ulang, informasi dan komunikasi, jasa keuangan dan asuransi, real estate, jasa pendidikan, serta jasa kesehatan dan kegiatan sosial.

"Mudah-mudahan dengan terus dilaksanakannya vaksinasi Covid-19, wabah ini semakin bisa diatasi dan dikendalikan. Oleh karenanya, kita wajib menyukseskan vaksinasi yang tengah berlangsung. Ini membawa harapan bahwa perekonomian kita bisa segera pulih," pungkasnya. (SS15/c)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com