Penggarap Hadang Tim BPN Sumut Saat Ukur Lahan PTPN III


149 view
Penggarap Hadang Tim BPN Sumut Saat Ukur Lahan PTPN III
Foto: Dok/Ramces Pandiangan
BERI PENJELASAN: Petugas keamanan memberikan penjelasan kepada para penggarap yang mendatangi kantor Afdeling IV PTPN III, yang sebelumnya menghalangi tim BPN dalam melakukan pengukuran lahan, Senin (15/11).
Pematangsiantar (SIB)
Tim Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sumut dihadang oleh warga penggarap saat melakukan pengukuran dan pematokan lahan PTPN III Unit Bangun Afdeling IV, Kelurahan Gurilla dan Bahsorma, Kecamatan Siantar Sitalasari, Pematangsiantar, Senin (15/11).

Konsultan hukum PTPN III, Ramces Pandiangan MH kepada wartawan, Selasa (16/11) mengatakan kedatangan tim BPN Sumut ke lokasi ingin memastikan titik-titik lahan yang termasuk dalam sertifikat Hak Guna Usaha (HGU) milik PTPN seluas 126,59 hektare.

Namun, baru saja tim BPN Sumut melakukan tugasnya, para penggarap didominasi ibu-ibu datang berteriak-teriak dan membuka pakaiannya, sehingga membuat petugas ukur merasa tidak nyaman dan mundur.

Penggarap juga mendatangi Kantor Afdeling IV. Mereka berteriak-teriak dan ingin menyerang tim BPN dan karyawan PTPN III. Kejadian tersebut berlangsung sekitar 3 jam lebih, hingga akhirnya berhasil diredakan oleh petugas pengamanan.

Atas kejadian tersebut, PTPN III akan meminta bantuan pengamanan TNI dan Polri untuk memberikan keamanan dan kenyamanan dalam pelaksanaan tugas yang dilakukan oleh BPN Sumut.

Sementara saat kejadian, T. Sitinjak salah satu penggarap mengatakan tidak mau mendengar apapun dari pihak PTPN III. Mereka menuding PTPN III merupakan mafia tanah yang mengusik dan menyengsarakan mereka.

"Kedatangan PTPN III membuat hidup kami tidak nyaman. Apalagi Ramces Pandiangan yang mengaku konsultan hukum PTPN III telah memecah belah kami disini," sebut T Sitinjak. (SS8/a)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com