Pengungsi Afghanistan Bersama Balita Unjuk Rasa ke DPRD SU Minta Dipulangkan ke Negaranya


286 view
Pengungsi Afghanistan Bersama Balita  Unjuk Rasa ke DPRD SU Minta Dipulangkan ke Negaranya
(Foto: SIB/Firdaus Peranginangin)
MINTA DIPULANGKAN: Para pengungsi Afghanistan bersama  anak-anak dan tiga orang masih balita,  berunjuk rasa ke DPRD Sumut, Senin (6/6/2022), meminta pemerintah Indonesia  membantu memulangkan mereka ke negara asal, karena sudah 10 tahun tinggal di Medan dan sudah terlalu lama. 

Medan (harianSIB.com)

Para pengungsi Afghanistan bersama anak-anak dan tiga orang masih balita berunjuk rasa ke DPRD Sumut, Senin (6/6/2022), meminta pemerintah Indonesia untuk membantu memulangkan mereka ke negara asal, karena sudah 10 tahun tinggal di Medan.



“Kami cuma minta kepada negara Indonesia untuk membantu kami menyampaikan pesan ini ke UNHCR, IOM PBB. Kami sudah capek, kami ingin pulang, sebab di sini hak azasi kami tidak ada,” keluh Muhammad Juma dalam orasinya di depan gedung dewan.



Menurutnya, sudah banyak pengungsi yang depresi karena lamanya tinggal di Indonesia, Kota Medan, sehingga para pengungsi sangat berharap dipulangkan ke negaranya, karena mereka di Medan bukan atas keinginannya. Tapi disebabkan saat itu negaranya sedang dilanda perpecahan dan peperangan.



Dalam orasinya, Muhammad Juma juga menuntut keadilan kepada PBB khususnya negara Amerika Serikat, Australia dan Selandia Baru, agar turut membantu kepulangan pengungsi Afganistan, seperti pengungsi Ukraina.



Pengungsi juga menuntut UNHCR PBB segera memberikan kemerdekaan HAM (Hak Azasi Manusia) yang sudah 10 tahun dilanggar serta menuntut kepastian hidup pengungsi yang ada di Sumatera Utara.



Mereka juga berharap pemerintah Indonesia dan DPRD Sumut menyampaikan permasalahan hak-hak azasi ribuan pengungsi di Indonesia yang sudah 10 tahun dilanggar.



"Kami tidak memiliki hak azasi di sini. Tolong kembalikan kami, anak-anak kami butuh pendidikan dan masa depan lebih baik," katanya.



Aksi pengungsi Afghanistan ini diterima Ketua dan anggota Komisi E DPRD Sumut Syamsul Qomar, Hj Anita Lubis dan Hendra Cipta berjanji mencari solusi untuk mengatasi keluhan pengungsi Afghanistan di Sumut yang jumlahnya mencapai 3.000 orang lebih dengan melakukan rapat dengar pendapat bersama pihak terkait.



"Komisi E segera mengagendakan rapat dan mengundang komunitas pengungsi Afghanistan, guna mencari solusi dari permasalahan yang dialami pengungsi," ujar Syamsul Qomar sembari meminta pengungsi membubarkan diri dengan tertib dan tetap menjaga kesehatan terutama anak-anak dan balita yang ikut dibawa melakukan unjuk rasa. (A4)


Editor
: Wilfred/Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com