Pengusaha Kapal Tradisional Minta Pemerintah Sediakan BBM Kapal di Parapat


113 view
Foto Istimewa
Ilustrasi kapal tradisional di Danau Toba
Parapat (SIB)
Para pelaku perkapalan di Parapat menyebutkan, kerap terkendala untuk membawa wisatawan berkeliling ke beberapa tujuan destinasi wisata di kawasan Danau Toba, karena kapal kehabisan bahan bakar padahal izin pembelian Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis solar dari instansi terkait yang ditujukan ke SPBU kerap dipersulit.

"Operasional kapal wisata tradisional di Parapat kerap terkendala akibat persyaratan untuk mendapatkan minyak solar dengan menggunakan jerigen (gallon) dari SPBU meminta surat keterangan yang dikeluarkan dari instansi pemerintah," ujar Ketua Organisasi Perkapalan Marihat Permai Parapat R Siallagan dan Pelaku Wisata Perkapalan Marga Sitio kepada SIB di Parapat Kecamatan Girsang Sipangan Bolon Simalungun, Minggu (28/1).

Siallagan mengakui, para pelaku perkapalan di Parapat kerap harus menunda perjalanan ke beberapa tujuan destinasi wisata Tomok-Batu Gantung-Air Terjun Situmurun dan kunjungan wisata lainnya di kawasan Danau Toba akibat idak memiliki bahan bakar karena surat izin pembelian BBM jenis solar dari instansi terkait yang ditujukan ke SPBU sekitar tidak ada.

Sitio mengakui, para pelaku perkapalan telah menyampaikan keluhan dan berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan Darat dan Danau agar mengeluarkan surat rekomendasi, agar pelaku perkapalan memiliki izin pembelian dan menyediakan BBM untuk memperlancar jasa angkutan kapal untuk kunjungan wisatawan di kawasan Danau Toba.

"Tak jarang para penumpang kapal wisata kecewa karena kapal yang sebelumnya telah dibooking namun pada hari H tidak bisa bergerak akibat BBM tidak tersedia," ujar Sitio.

Para pelaku perkapalan berharap kepada pemerintah memberikan izin pembelian serta menyediakan BBM untuk operasional kapal-kapal wisata di Parapat dan kawasan Danau Toba.

Kepala Angkutan Danau Penyeberangan (ADP) Danau Toba TB Simajuntak sebelumnya ke SIB menyarankan agar para pelaku perkapalan membentuk wadah resmi berbadan hukum sehingga dapat membuat permohonan ke pemerintah agar dapat menyediakan BBM bersubsidi. (S12/d)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib edisi cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com