Penjual Daging Musiman di Asahan Diminta Sembelih Hewan Melalui RPH Peternakan


116 view
Foto: Zaenal Effendi
Ilustrasi
Asahan (SIB)
Penjual daging musiman diminta menyembelih/memotong hewan melalui rumah potong hewan (RPH) Dinas Peternakan Kabupaten Asahan.

Permintaan itu diungkapkan mantan Kabid Kesehatan Hewan (Keswan) Dinas Peternakan Asahan drh Bactiar, di Kisaran Senin (5/3).

Menurut Bachtiar, menjelang hari punggahan, banyak warga menjadi penjual daging musiman di desa. Penjual daging itu, memotong hewannya tanpa melalui RPH. Terkadang warga memotongnya di bawah pohon sawit, kata Bachtiar.

Dikuatirkan, ada hewan milik peternak yang sakit, karena merasa sayang dan takut mati, hewan yang sakit itu dipotong sendiri dan dagingnya dijual di pasar, tambah Bachtiar.

Meski, kesehatan hewan milik warga itu sudah dikontrol di pos Keswan, namun sebaiknya dipotong di RPH saja, ujar Bachtiar.

Sementara itu, Wito, Jumari dan Syamsul, penjual daging musiman, ditemui Senin (5/4) di Airjoman mengatakan sebelum dipotong, hewan yang mereka jual, jauh sebelumnya sudah disuntik mantri hewan Kecamatan Airjoman. Jadi kesehatan hewan itu sudah dijamin untuk dikonsumsi, tambah Wito. (E11/f)
Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib.com edisi cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com