Penyaluran Kredit Perbankan Rp 27 Triliun di Wilayah Kerja BI Pematangsiantar


433 view
Penyaluran Kredit Perbankan Rp 27 Triliun di Wilayah Kerja BI Pematangsiantar
Foto: IST
Kepala Perwakilan Bank Indonesia Pematangsiantar, Teuku Munandar.
Pematangsiantar (SIB)

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Pematang-siantar, Teuku Munandar mengatakan, penyaluran kredit perbankan di wilayah kerja Bank Indonesia Pematangsiantar, yang meliputi delapan kabupaten/kota, hingga Juli 2021 mencapai Rp 27 triliun atau mengalami kenaikan bila dibandingkan di tahun 2020 yang hanya berkisar Rp 26 triliun dan di tahun 2019, Rp 25 triliun.

Meksi masih terjadi pandemi Covid-19, lanjutnya kepada SIB, Jumat (3/9) melalui telepon seluler, terjadi peningkatan, yang didukung oleh beberapa faktor, seperti subsidi bunga, penurunan suku bunga oleh bank sentral, sehingga minat masyarakat untuk mengajukan pembiayaan tetap ada.

Untuk penyaluran kredit di Pematangsiantar, setiap tahunnya mengalami kenaikan, seperti di tahun 2019 berkisar Rp 9.8 triliun, tahun 2020 naik menjadi Rp 10,42 triliun dan sampai dengan Juli 2021 mencapai Rp 10,69 triliun. Sementara itu, untuk perolehan Dana Pihak Ketiga (DPK) yang berasal dari tabungan, giro dan deposito diperbankan di masa pandemi Covid-19, mengalami kenaikan.

Bank Indonesia, pemerintah dan Otoritas Jasa Keuangan, berupaya mendorong agar kredit tetap tumbuh, karena perkembangan ekonomi tergantung juga dengan pertumbuhan kredit. (D3/d)
Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com