Penyebaran Covid-19 Mu Sudah Ditemukan di Medan? Ini Jawaban Plt Kadis Kesehatan


254 view
Penyebaran Covid-19 Mu Sudah Ditemukan di Medan? Ini Jawaban Plt Kadis Kesehatan
(Foto Dok/Leo Bukit)
dr Mardohar Tambunan 
Medan (harianSIB.com)
Penyebaran Covid-19 varian Mu yang diawasi WHO sejak Maret lalu, belum ditemukan di Medan.

"Sampai sekarang Covid-19 varian MU itu, belum bisa kita pastikan. Saya sudah koordinasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi, mereka bilang tidak ada," kata Plt Kepala Dinas Kesehatan Medan Mardohar Tambunan, Rabu (13/10/2021).

Ia mengatakan saat ini varian lain yang sudah ditemukan varian Covid-19 Delta. Dan varian ini, katanya, lebih berbahaya dibandingkan dengan varian MU jika ada di Medan.

Menanggapi informasi yang menyebar adanya warga Medan diduga meninggal disebabkan Covid-19 Mu, ia menjawab pihaknya belum bisa memastikan, karena sejauh ini memang belum ada temuan kasus untuk varian itu.

Ia menjelaskan situasi kasus Covid-19 di Medan masih terkendali dan level 2 PPKM. "Sekarang kita sedang melakukan percepatan ke level 1. Apa yang kita kejar. Kita sekarang mengejar vaksinasi, sebab vaksinasi merupakan salah satu capaian untuk menuju level 1," paparnya.

Ia mengakui kepatuhan protokol kesehatan saat ini memang tidak sempurna, namun tetap berjalan. Tim Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Medan sudah bekerja semaksimal mungkin.

Kabar baiknya, ia membeberkan jumlah angka BOR Covid-19 di Medan menurun, angka kematian nol (nihil). Selain itu, untuk mencapai level 1, pihaknya terus menggencarkan testing, tracing dan treatment.

"Untuk ke level 1 ada ketentuannya, salah satunya yaitu capaian vaksinasi lansia. Mengejar itu perlu stok vaksin, ini sekarang kita jaga stoknya karena sempat terjadi kekurangan, tapi kita sudah lobi pusat dan siang ini sudah masuk," tutupnya. (*)

Penulis
: Leo Bukit
Editor
: Wilfred/Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com