Peralatan LPJU di Kota Medan Sering Hilang, Warga Diimbau Turut Mengawasi


192 view
Peralatan LPJU di Kota Medan Sering Hilang, Warga Diimbau Turut Mengawasi
Foto: Dadang Hermansyah
Ilustrasi foto PJU 
Medan (SIB) -Keberadaan lampu penerangan jalan umum (LPJU) yang dipasang Pemko Medan, hendaknya dipelihara dan diawasi bersama agar tidak cepat rusak dan hilang dicuri orang tidak bertanggungjawab.

“Banyak peralatan dan kelengkapan LPJU di Kota Medan dicuri dan dirusak orang tidak bertanggungjawab. Padahal anggaran untuk pembuatan dan pemeliharaannya dipergunakan dari uang rakyat,” ujar perwakilan Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Medan Erwinsyah kepada warga saat menghadiri sosialisasi Perda No.16 Tahun 2011 tentang Pajak Penerangan Jalan yang digelar Anggota DPRD Medan Erwin Siahaan di Jalan Maju Raya Kelurahan Kwala Bekala Kecamatan Medan Johor, Sabtu sore (24/4).

Disebutkannya, seharusnya warga juga ikut menjaga dan memelihara LPJU yang ada di dekat kawasan rumahnya, karena semua biayanya merupakan uang rakyat. “Kalau warga tidak ikut menjaganya, Pemko juga tidak selamanya bisa langsung memperbaiki kerusakan, karena anggarannya terbatas,” ujarnya.

Ditambahkannya, LPJU merupakan inventaris Kota Medan dan sering dicuri orang seperti kabel, bohlam dan lainnya. Kalau ada LPJU yang padam, segera lapor kepada Kepling, lurah atau camat agar segera diteruskan ke DKP. “Kalau tidak juga ada respon, bisa langsung ke petugas yang ada di Kecamatan Medan Johor,” pungkasnya.

Sementara itu, warga yang hadir mempertanyakan apakah LPJU hanya ditempatkan di jalan utama, ataukah bisa masuk ke gang. “Gang kami gelap kalau malam hari karena LPJU tidak ada,” ujar Lamria Habeahan. Warga lainnya juga mempertanyakan, cara pemasangan lampu jalan di lokasi pribadi namun untuk kepentingan umum.

Menanggapi itu, Erwin Siahaan mengatakan pada umumnya LPJU di jalan utama namun tidak masalah juga kalau sampai ke gang-gang. Pemasangan baru di gang harus dilapor dulu ke kantor DKP agar diteruskan kepada petugasnya di lapangan.

Untuk pemasangan di lokasi pribadi walaupun untuk kepentingan umum bisa diusulkan ke dinas terkait agar dibicarakan dengan PLN dengan catatan semua peralatan dibebankan kepada pribadi. Pemko Medan tidak menanggung segala perlengkapannya. (A12/d)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com