Peralihan ICU Covid-19 RS Pirngadi ke Pasien Non Corona Setelah Diumumkan Pemerintah


106 view
Peralihan ICU Covid-19 RS Pirngadi ke Pasien Non Corona Setelah Diumumkan Pemerintah
Foto Dok/Leo Bukit
dr Suryadi Panjaitan MKes SpPD Finasim
Medan (harianSIB.com)

Pasien Covid-19 yang dirawat di ruang ICU Covid-19 RSUD Dr Pirngadi Medan hingga saat ini nihil. Namun peralihan ICU tersebut untuk dimanfaatkan ke pasien non corona setelah adanya pengumuman resmi dari pemerintah.

Hal itu dikatakan Plt Direktur Utama RSUD Dr Pirngadi Medan dr Suryadi Panjaitan MKes SpPD Finasim kepada harianSIB.com di Medan, Kamis (25/11/2021).

Pihaknya merencanakan apabila pasien Covid-19 tidak membutuhkan ruang ICU tersebut bisa dimanfaatkan ke pasien yang membutuhkan (non corona). "Kapan waktu peralihan itu, setelah adanya pengumuman resmi dari pemerintah pusat," ujarnya.

Suryadi mengatakan tempat tidur (bed) di ruang ICU tersebut sebanyak 20 bed yang terdiri dari 16 bed dewasa dan 4 bed balita. "ICU Covid-19 dibangun bantuan dari kemenkes dan PUPR. Alat kesehatan yang dikirimkan kemari juga lengkap," sebutnya.

Direktur Jenderal Pelayanan dan Kesehatan Kementerian Kesehatan (Dirjen Yankes Kemenkes) RI Prof Dr H Abdul Kadir PhD SpTHT-KL (K) MARS mengatakan bulan Juni-Juli 2021, kenaikan kasus cukup tinggi di Indonesia, termasuk Kota Medan.

RS Pirngadi menjadi salah satu rumah sakit rujukan Covid-19, dan dikembangkan kapasitas untuk isolasi dan ICU. "Jadi ini adalah hasil kerjanya, dalam waktu singkat atau dua minggu selesai dan alatnya kami isi secepatnya dengan lengkap," ungkapnya.

Ia mengaku ruangan ICU nantinya tidak hanya buat pasien Covid-19 saja, namun untuk pasien yang membutuhkan ruangan ICU. "ICU rumah sakit yang dulunya terbatas kini jadi banyak, tidak ada pasien mengantri atau dirujuk ke rumah sakit lainnya karena tidak ada ICU," ucapnya. (*)

Penulis
: Leo Bukit
Editor
: Robert/Eva
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com