Perangkat Desa se Humbahas Ikuti Sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan


185 view
Perangkat Desa se Humbahas Ikuti Sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan
Foto Dok/Dinas Kominfo
SOSIALISASI : Asisten Pemerintahan dan Kesra, Jaulim Simanullang membuka Sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan bagi perangkat desa di Aula Hutamas, Komplek Perkantoran Tano Tubu, Doloksanggul, Rabu (8/11). 

Humbahas (SIB)

Sejumlah perangkat desa di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) mengikuti Sosialisasi BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) Ketenagakerjaan di Aula Hutamas, Komplek Perkantoran Tano Tubu, Doloksanggul, Rabu (8/11).

Sosialisasi itu dibuka Bupati Humbahas yang diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra, Jaulim Simanullang.

Dalam sambutannya, Jaulim mengatakan, BPJS Ketenagakerjaan bagi perangkat desa merupakan amanah peraturan perundang-undangan dan sudah berjalan sejak tahun 2019.

Menurutnya, Aparatur Pemerintah Desa di Kabupaten Humbahas telah terdaftar dalam Program BPJS Ketenagakerjaan sebanyak 1.401 orang yang tersebar di 153 desa dan mendapatkan perlindungan program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Program Jaminan Kematian (JKM).

Dikatakan, sampai 18 Oktober 2023, lanjut dia mengatakan, ada sebanyak 4 kasus JKK dan sebanyak 27 kasus JKM di Kabupaten Humbahas.

"Kecelakaan kerja bisa terjadi di mana saja, dan tidak tertutup kemungkinan bagi perangkat desa juga. Oleh karena itu, diharapkan dengan sosialisasi ini maka kepala desa dan perangkat desa se-Kabupaten Humbang Hasundutan bisa terlindungi BPJS Ketenagakerjaan," katanya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Perlindungan Anak (DPMDP2A), Maradu Napitupulu menyebutkan,, meski biaya BPJS Ketenagakerjaan sepenuhnya ditanggung oleh pihak pemberi kerja atau desa, namun pada praktik pembayarannya biaya itu tidak dibolehkan menggunakan anggaran Dana Desa (DD).

Katanya, biaya itu diambil sesuai kemampuan dari desa masing-masing dari Anggaran Dana Desa (ADD) yang dianggarkan pemerintah daerah (Pemda).

"Oleh karena itu, masing-masing desa diminta untuk menyesuaikan keuangan yang ada di desa tersebut untuk menentukan jaminan sosial ketenagakerjaan yang akan diikuti," sebutnya.

Sementara Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Humbahas, Redy Paska Sinulingga pada kesempatan itu menjelaskan manfaat dari program-program yang dimiliki BPJS Ketenagakerjaan.

Dia mengharapkan, melalui sosialisasi itu dapat mendorong masyarakat desa yang belum terlindungi BPJS Ketenagakerjaan dapat segera menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan untuk mendapat perlindungan berupa Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), maupun Jaminan Hari Tua (JHT) serta Jaminan Pensiun (JP). (**)

Penulis
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com