Percepatan Serapan APBD 2022, Pemko Tanjungbalai Evaluasi APBD 2021


199 view
Percepatan Serapan APBD 2022, Pemko Tanjungbalai Evaluasi APBD 2021
Foto: Dok/Kominfo Tanjungbalai
RAPAT EVALUASI: Rapat evaluasi APBD Tanjungbalai TA 2021,  di Aula Sutrisno Hadi, Kantor Wali Kota Tanjungbalai, Rabu (26/1/2022). 
Tanjungbalai (harianSIB.com)

Mempercepat serapan APBD Tahun Anggaran 2022, Plt Wali Kota Tanjungbalai, H Waris Thalib, didampingi Pj Sekretaris Daerah Nurmalini Marpaung dan Plt Kepala BPKPAD Asmui Rasyid Marpaung memimpin rapat evaluasi APBD TA 2021, di Aula Sutrisno Hadi, Kantor Wali Kota Tanjungbalai, Rabu (26/1/2022).

Dalam rapat tersebut, Waris Thalib menyampaikan beberapa arahan, antara lain terkait penyiapan laporan aset, laporan keuangan TA 2021 dan laporan pendukung lainnya.

Waris berharap BPKPAD menyiapkan formula dalam pembinaan para ASN yang bertugas menangani. Misalnya, pembinaan dengan mengundang narasumber yang berkompeten di bidangnya.

"Hal ini mengingat seringnya perubahan aplikasi dalam pengelolaan keuangan. Perlu disiapkan kegiatan pembinaan bagi ASN agar mendapatkan kemampuan mengoperasikan aplikasi yang baru. Jika SDM kita siap tentu proses penyusunan APBD akan berjalan baik," ucap Waris.

Waris juga mengajak seluruh jajaran ASN di lingkungan Pemko Tanjungbalai berkomitmen bersama terutama terkait pencairan anggaran akan dimulai di bulan Februari 2022, guna mempercepat pelaksanaan kegiatan sehingga dapat segera terlaksana di tiap OPD.

Waris menyarankan setiap OPD melakukan langkah inovatif dan kreatif dengan tetap berpedoman pada peraturan perundang - undangan serta mempercepat penyelesaian laporan keuangan sebagaimana yang diminta BPKPAD sebelum nanti dilaporkan ke BPK RI. Selain itu, kepada ASN diminta agar tetap bekerja dengan optimal, sesuai tupoksinya.

"Saya belakangan ini banyak melakukan sidak ke sejumlah OPD. Hal ini dilakukan unruk memberi semangat dan mendorong seluruh OPD agar menciptakan lingkungan kerja yang sehat, tertib administrasi dan berbasis kinerja," katanya.

Sebelumnya, Kepala BPKPAD Asmui Rasyid menyampaikan persyaratan penyaluran DAU, penginputan laporan persediaan, laporan stok opname, laporan hasil inventaris barang milik daerah TA 2021, laporan aset tetap dan laporan hutang dan data piutang di OPD serta laporan terkait lainnya. (*)

Penulis
: Regen Silaban
Editor
: Wilfred/Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com