Perdebatan Alot, Pemilihan Kades PAW di Pegagan Julu III Dairi Ditunda Sementara


1.221 view
Perdebatan Alot, Pemilihan Kades PAW di Pegagan Julu III Dairi Ditunda Sementara
(Foto/SIB Tulus Tarihoran)
Protes: Calon Kades, Jimmy Saragih (berdiri pakai baju merah) sampaikan protesnya ke P2KD terkait peserta pemilih yang berubah-ubah, Kamis (6/5/2021) di aula Desa Pegagan Julu III.
Sidikalang (harianSIB.com)
Pemilihan Kepala Desa pergantian antar waktu (PAW) di Desa Pegagan Julu III, Kecamatan Sumbul, Dairi ditunda. Calon kades dan beberapa pemilih protes Panitia Pemilihan Kepala Desa (P2KD) tidak transparan terkait peserta pemilih, Kamis (6/5/2021) di balai desa.

Calon kades, peserta pemilih dan masyarakat menyampaikan protes kepada P2KD atas tidak transparannya penentuan peserta pemilih. Aksi protes disampaikan setelah peserta pemilih yang sudah memegang undangan memasuki aula, untuk dimulai pemilihan. P2KD duduk di depan menghadap didampingi BPD, Pj Kades Pegagan Julu II, Hiras Sianturi, Camat Sumbul, Rimson Simamora.

Calon kades, Jimmy Saragih menuding P2KD tidak transparan dan tidak dilakukan musyawarah penetapan peserta pemilih. Ada masyarakat yang protes karena tidak diikutkan peserta. Kemudian dimasukkan sebagai peserta pemilih baru.

P2KD harusnya menjalankan aturan dalam penentuan peserta pemilih sesuai unsur yang ditetapkan, kemudian dilakukan musyawarah. P2KD terkesan suka- suka memasukkan peserta pemilih baru, tanpa adanya musyawarah. "Ada masyarakat protes, dimasukkan sebagai peserta pemilih," katanya.

Ketua P2KD, Rizal Purba membantah adanya perubahan peserta pemilih. Rapat musyawarah sudah dilakukan P2KD dengan BPD dan pemerintah desa. Adanya pergantian peserta pemilih sebelum berita acara penetapan peserta pemilih dilakukan.

Terkait unsur peserta pemilih sudah ditentukan, dan sudah kesepakatan ada penggantian pemilih dari unsur tokoh masyarakat dan lainnya, agar menghindari keributan.

Perdebatan alot terjadi, peserta pemilih dan masyarakat juga menyampaikan pendapat, agar peserta pemilih yang hadir sesuai dengan unsur seperti tokoh adat, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pendidikan dan lainnya.

Atas perdebatan itu, P2KD menyampaikan penundaan sementara pelaksanaan pemilihan kepala desa. "Pemilihan ditunda sementara, sembari P2KD, BPD dan pemerintah desa melakukan musyawarah. Pemilihan Kades dilanjutkan setelah ada hasil musyawarah dan akan diinformasikan kembali," kata Rizal.

Setelah diumumkan ditunda, peserta pemilih keluar dari aula dan P2KD, BPD dan pemerintah desa melakukan musyawarah. (*)

Penulis
: Tulus Tarihoran
Editor
: Robert
Tag:
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com