Peringatan WCD di Tebingtinggi Diwarnai Kegiatan Sosialisasi Pengolahan Sampah

* Pengolahan Sampah Oleh Pemko Tebingtinggi Turun 10 Ton

142 view
Peringatan WCD di Tebingtinggi Diwarnai Kegiatan Sosialisasi Pengolahan Sampah
Foto: Dok/Kominfo
LEPAS: Sekdako Tebingtinggi M Dimiyathi saat melepas ikan hidup ke sungai bahilang dalam rangka memperingati WCD, Rabu (17/11).
Tebingtinggi (SIB)
Perayaan Worlf Cleanup Day (WCD) Tahun 2021 atau hari bersih sedunia di Tebingtinggi diwarnai dengan sosialisasi pengelolaan sampah di Jalan Ahmad Yani Lingkungan VI Kelurahan Mandailing Kecamatan Tebingtinggi Kota, Rabu (17/11).

Sekdako Tebingtinggi M Dimiyathi SSos MTP mengatakan, dalam pengelolaan persampahan sangat dibutuhkan peran serta segenap elemen masyarakat, jika masyarakat tidak mau peduli akan persoalan sampah maka akan menjadi pekerjaan sia-sia.

Sekdako juga mengingatkan agar tidak membuang sampah disembarang tempat, namun alangkah baiknya jika sampah rumah tangga dapat dikelola dengan tepat, memisahkan sampah organik dan sampah non organik.

"Bisa dibayangkan jika satu rumah tangga tidak mau peduli dengan sampah membuang sembarangan, kemudian ikut pula tetangga apa jadinya daerah itu. Untuk itu mulailah pengelolaan persampahan itu dari rumah tangga dengan cara memisahkan sampah organik dan non organik," ucap Sekdako.

Jika pengelolaan sampah dapat dilakukan dengan baik, maka sampah akan dapat menambah perekonomian keluarga, dengan cara memanfaatkan sampah yang dapat digunakan jadi bahan kerajinan.

Untuk itu, Sekdako mengajak masyarakat untuk mulai mengelola sampah, dimulai dari sampah rumah tangga.

Pemerintah Kota Tebingtinggi juga memberikan apresiasi berupa bingkisan kepada para petugas kebersihan yang juga merupakan pahlawan kebersihan yang telah berperan dalam pengelolaan persampahan mulai dari tingkat lingkungan sampai kota.

Sebelumnya Kadis Lingkungan Hidup Dr H Hasbie Ashshiddiqi SPdi MSi dalam laporannya menyampaikan bahwa pengelolaan sampah di masyarakat semakin tahun semakin meningkat.

Tebingtinggi menghasilkan sampah sehari sekitar 122 ton/hari, sebelum tahun 2021 dan dikelola Pemerintah Kota sampah itu 85 ton.

"Tahun 2021, dari 85 ton menurun menjadi 75 ton, sisanya sudah dikelola oleh warga. Ke depan akan ditingkatkan terus peran serta masyarakat hingga bisa 50 ton yang dikelola Pemkot," ujar Kadis Lingkungan Hidup. (BR3/d)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com