Peringati HGN, TP PKK Sergai Launching Gempur Stunting


147 view
Peringati HGN, TP PKK Sergai Launching Gempur Stunting
Foto Dok/Diskominfo Sergai
BERI VITAMIN : Ketua TP PKK Sergai Ny Hj Rosmaida Darma Wijaya didampingi Wakil Ketua Ny Aini Zetara Adlin Tambunan, Kadis Kesehatan Selamet Hartono dan unsur lainnya memberikan vitamin untuk balita dan makanan tambahan bagi anak-anak di sela launching program Gempur Stunting di Posyandu Desa Bagan Kuala, Kecamatan Tanjungberingin, Selasa (25/1). 
Sergai (SIB)
Memeringati Hari Gizi Nasional (HGN) Tahun 2022, Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Serdang-bedagai (Sergai) melaunching program "Gempur Stunting" di Posyandu Desa Bagan Kuala, Kecamatan Tanjungberingin, Selasa (25/1).

Ketua TP PKK Sergai Ny Hj Rosmaida Darma Wijaya dalam arahannya menyampaikan, secara medis stunting itu adalah kondisi tubuh dan otak yang dinilai tidak berkembang secara optimal. Oleh karenanya, stunting dapat dicegah sebelum anak memasuki usia 2 tahun.

Begitu juga dengan anak-anak di Kabupaten Sergai, khususnya yang tinggal di wilayah pesisir, kata Rosmaida, asupan gizi mereka harus tetap diperhatikan. Untuk itu, para kader PKK harus mampu berkolaborasi dengan pihak Puskesmas dalam memantau kesehatan anak-anak sehingga terhindar dari stunting.

"Pencegahan stunting ini dilakukan sejak anak masih berada di kandungan ibunya. Selain memberikan asupan gizi yang baik, kami imbau para ibu hamil juga turut memeriksakan atau berkonsultasi terkait kehamilannya, menjaga ASI eksklusif serta senantiasa memantau tumbuh kembang anak di Posyandu," harap Rosmaida.

Kepada Kader PKK dan petugas kesehatan, Rosmaida juga berharap supaya pada pelaksanaan Gempur Stunting ini terus bekerjasama meningkatkan kekompakan dan konsisten dalam upaya pencegahan atau menurunkan angka stunting di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat.

"Sehingga, ke depannya, kita dapat menciptakan masyarakat sehat seperti yang tertuang dalam 7 Sapta Dambaan (Sapda) serta visi Kabupaten Sergai yang Maju Terus (mandiri, sejahtera dan religius)," pungkasnya.

Di kesempatan yang sama, Wakil Ketua TP PKK Ny Aini Zetara Adlin Tambunan menyebut, sebagai duta stunting pihaknya selalu berupaya memberikan yang terbaik bagi anak-anak di Serdangbedagai.

"Guna menekan angka stunting, perlu dilakukan sinergitas maupun gotong royong dari semua sektor dan unsur terkait dengan mengerahkan sumber daya yang ada demi pencegahan stunting di daerah ini," ungkapnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kadis Kesehatan Sergai Selamet Hartono, Camat Tanjungberingin Elmiati, para kader PKK, perangkat Desa Bagan Kuala serta masyarakat sekitar. (C4/d)

Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com