Persiapan Pemilu 2024, KPU Tebingtinggi Tingkatkan Kualitas Data Pemilih


268 view
Persiapan Pemilu 2024, KPU Tebingtinggi Tingkatkan Kualitas Data Pemilih
Foto harianSIB.com/Japet Arki Bangun
TANDATANGAN : Ketua KPU Tebingtinggi, Abdul Khalik dan Kordiv Datin, Rudi Herwin menandatangani berita acara pemuktahiran data pemilih berkelanjutan triwulan III tahun 2021, Senin (5/10/2021).
Tebingtinggi (harianSIB.com)

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tebingtinggi terus berupaya meningkatkan kualitas data pemilih dalam rangka persiapan menuju pemilihan umum (Pemilu) dan pemilihan serentak tahun 2024.

"Kita (KPU Tebingtinggi) akan terus mengupdate data pemilih dan berkoordinasi dengan pihak terkait," kata Ketua KPU Tebingtinggi, Abdul Khalik didampingi Kordiv Datin, H Rudi Herwin, Kordiv Parmas H Emil Sofyan, Kordiv Teknis, Johan Wahyudi, Sekretaris H Ahmad Nurdin pada rapat koordinasi pemuktahiran data pemilih berkelanjutan triwulan III tahun 2021, Selasa (5/10/2021) di aula KPU Tebingtinggi, Jalan Rumah Sakit Umum.

Rapat tersebut dihadiri Ketua Bawaslu Tebingtinggi, Huriadi Panggabean dan Kordiv PHL, Harirayani, perwakilan partai politik (Parpol), Kesbangpol, Dinas Perkim dan Pertanahan serta perwakilan sekolah.

Dijelaskan Abdul Khalik, upaya yang dilakukan untuk mengakuratkan data pemilih, KPU Tebingtinggi telah menyurati pihak SMA/SMK, Polres dan TNI serta Dinas Perkim dan Pertanahan terkait calon pemilih pemula maupun yang meninggal dunia.

"Pihak terkait yang disurati merespon baik. Ini sangat saya apresiasi," katanya.

Selain itu, Abdul Khalik juga menyampaikan KPU Tebingtinggi akan melaksanakan MoU ke Kemenag dan instansi lainnya untuk mensosialisasikan pendidikan politik dan demokrasi.

Ditambahkan Kordiv Datin, Rudi Herwin, data pemilih pemula maupun yang meninggal dunia akan disandingkan dengan data dari Dinas Dukcapil agar lebih valid.

"Data pemilih akan terus diperbaharui sebelum tahapan Pemilu 2024 dimulai. Untuk itu, peran aktif masyarakat dan parpol sangat membantu meningkatkan kualitas data pemilih," ucapnya.

Adapun hasil Rekapitulasi Daftar Pemilih Berkelanjutan Triwulan III dengan jumlah sebanyak 113.260 pemilih tersebar di 5 kecamatan, dengan rincian pemilih laki-laki berjumlah 55.058 orang dan pemilih perempuan 58.202 orang. (*)

Penulis
: Japet Arki Bangun
Editor
: Robert/Eva
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com