Pertama Kali di Dairi, Pemdes Huta Rakyat Salurkan BST


159 view
Foto SIB/ Edison P. Malau
Arahan. Camat Sidikalang, Robot Simanullang (berdiri) bersama Kepala Desa Huta Rakyat, Pander Sitepu, Kapolsek Sidikalang Kota, Iptu Sukanto Berutu SH serta Danramil Sidikalang, Kapten Kav Warsimin Iptu saat menyampaikan arahan, sehubungan dengan penyaluran BST, Selasa (13/10/2020) di Sopo Godang HKBP Huta Rakyat.
Sidikalang (SIB)
Pemerintahan Desa Huta Rakyat, Kecamatan Sidikalang, Kabupaten Dairi menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST) kepada 666 Kepala Keluarga (KK) dari 1.810 KK Selasa (13/10) di Sopo Godang HKBP Huta Rakyat.

Hal ini disampaikan Kepala Desa (Kades) Huta Rakyat, Pander Sitepu didampingi Sekretaris Desa (Sekdes) Masdeny Saragih, kepada SIB di lokasi pembagian BST. Diakui Sitepu, sempat ada kendala terhadap Nomor Induk Kependudukan (NIK) warga, sehingga perlu melakukan perbaikan ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcatpil) Kabupaten Dairi.

“Hanya sedikit kendala terhadap 13 KK, saat dimasukkan datanya muncul nama yang lain. Selanjutnya disarankan untuk melakukan perbaikan dan setelah diperbaiki sudah menjadi normal,” ujarnya.

Disampaikan Kades, warganya yang terdaftar penerima BST Kemensos 345 KK, penerima BLT DD 140 KK, PKH 111 KK dan BST APBD Dairi 666 KK serta BPNT 179 KK.

Ditambahkan Sekdes, informasi penyaluran tersebut merupakan tahap pertama dari 3 tahap yang direncanakan Dinas Sosial Kabupaten Dairi. Disampaikannya, saat penyaluran seluruh warga mematuhi aturan protokol kesehatan dengan menggunakan masker dan menjaga jarak.

“Penyaluran ini tahap pertama. Seluruh warga penerima langsung mendapatkan buku rekening salah satu bank dan menerima bantuan Rp. 600.000,” ujarnya.

Camat Sidikalang, Robot Simanullang MAB dalam sambutannya menghimbau kepada seluruh warga agar mematuhi protokol kesehatan dengan ketat dan segera dapat mengadaptasikan diri dalam kehidupan baru ditengah pandemi Covid-19.

Disampaikannya, seluruh masyarakat harus mematuhi disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan yang telah diatur dalam Peraturan Bupati Dairi No. 31 tahun 2020.

Sebelumnya, Pemerintahan Desa (Pemdes) Desa Huta Rakyat, Kecamatan Sidikalang, Kabupaten Dairi, telah menyalurkan bantuan terhadap 1.603 KK yang terdaftar sebagai penerima bantuan dari Pemerintah Pusat dan Provinsi. Jumlah ini di luar ASN, TNI dan Polri.

Hingga pukul 16.30 WIB, seluruh petugas masih tetap bekerja melayani para warga. Dari 666 KK yang akan dilayani masih 380-an KK yang sudah realisasi. Hingga sore, Danramil dan Kapolsek Sidikalang Kota masih tetap mengawasi jalannya pelayanan penyaluran BST Desa Huta Rakyat, Sidikalang. (K04/c)

Penulis
: Redaksi