Pertama di Sumut, Ketiga di Indonesia UHN Kembangkan PLTS Dalam Kampus


279 view
Pertama di Sumut, Ketiga di Indonesia UHN Kembangkan PLTS Dalam Kampus
ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi
Pekerja membersihkan panel Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Desa Sengkol, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Selasa (2/2/2021). Ilustrasi
Medan (SIB)
Universitas HKBP Nommensen (UHN) bekerja sama dengan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk dan PT SUN Energi melakukan pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dalam lingkungan kampus. Untuk kampus UHN Medan dengan daya sebesar 618 kWp sedangkan di UHN Siantar sebesar 205 kWp.

Pengembangan PLTS atau energi baru, diterbarukan itu ditandai dengan peletakan batu pertama yang dihadiri Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, Wali Kota Medan Bobby Nasution, Wakil Wali Kota Pematang Siantar Togar Sitorus serta Ketua Yayasan UHN, Budi Situmorang, Rektor UHN Dr Haposan Siallagan SH,MH, Pengawas Yayasan dan perwakilan PT WIKA, PT SUN energi di halaman Kampus UHN Jalan Sutomo Medan, Kamis (25/11).

Rektor UHN Dr Haposan Siallangan SH,MH menyampaikan, kehadiran PLTS di UHN merupakan yang pertama di Sumut, ketiga di Indonesia, kedua di Sumatera. Melalui program pengembangan pendidikan terhadap energi baru, nantinya kampus akan menjadi pusat riset terhadap energi baru, terbarukan.

"Kita berharap setelah program ini berjalan, Januari akan diresmikan. Nanti akan ada laboratorium pusat penelitian energi baru, terbarukan dan ini boleh digunakan peneliti darimana pun, secara khususnya Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah Sumut karena ini yang kedua di Sumatera," sebutnya.

Haposan juga menyampaikan melalui program ini, UHN akan melahirkan program studi baru yakni Program Studi Energi Baru Terbarukan untuk lebih mengembangkan Solar Cell (Energi Matahari).

"Ini adalah program yang diluncurkan Kemendikbud dan mengharapkan 10 persen dari 4000-an perguruan tinggi di Indonesia bisa mejadi pioner pengembangan energi, terbarukan dan inilah di Sumut kami berharap mendapat dukungan dari Pemprovsu," tutup Rektor.

Sementara itu, Gubernur Sumut mengapresiasi Unversitas HKBP Nommensen kerena bisa mengembangkan energi baru, terbarukan dalam kampus.

"Ini semua karena Tuhan, tampa kemudahan Tuhan kita tidak bisa berbuat seperti ini. Saya sangat mengapresiasi peluncuran ini. Kalau ini benar-benar terwujud sangat luar biasa karena matahari kita tidak ada habisnya. Saya meminta ini bisa menjadi edukasi untuk kita semua," ungkap Edy.

Gubernur juga berharap dengan adanya pengembangan energi baru, terbarukan tersebut dapat menjadi edukasi khususnya kepada mahasiswa," tutupnya.(rel/R4/c)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com