Pertamina Dukung Pengembangan UMKM di DPSP Danau Toba


250 view
Pertamina Dukung Pengembangan UMKM di DPSP Danau Toba
(Foto : SIB/Piktor Sinaga)
Foto bersama : Executive General Manager PT Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut, Putut Andriatno Direktur Politeknik Pariwisata Medan, Anwari Masatip, Direktur Manajemen Industri Kemenparekraf/Baparekraf Anggara Hayun Anujuprana dan GM Grand Mercure Medan Angkasa/Accor sekaligus Perwakilan DPD IHGMA Sumatera Utara Rachmad Suwardi, pada kegiatan “upskilling” bagi UMKM pada Selasa (14/6)  di Politeknik Pariwisata Medan. 

Medan (SIB)

Guna mendukung pengembangan UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) di sekitar Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Danau Toba, PT Pertamina (Persero) bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) menyelenggarakan kegiatan “upskilling” bagi UMKM. Acara ini berlangsung selama tiga hari, Selasa-Kamis (14-16/6) di Politeknik Pariwisata Medan.

Peserta sekaligus pelaku UMKM di Sumatera Utara, Syarani Devi merasa senang dan bersyukur bisa mengikuti kegiatan ini. Dari kegiatan ini, dia mendapat banyak ilmu terkait “branding, e-commerce, public speaking, serta teknik negosiasi efektif” untuk mengoptimalkan penjualan produk.

"Alhamdulillah ketemu dengan mentor-mentor yang luar biasa, berdiskusi juga asyik. Saya menjadi salah satu UMKM yang sangat beruntung bisa ikut dalam acara ini.

Untuk teman-teman UMKM, mari kita sama-sama belajar dan tingkatkan pengetahuan kita," ujar Syarani.

Dalam kesempatan yang sama, Executive General Manager PT Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut, Putut Andriatno mengatakan, sebagai upaya pengembangan bisnis dan pemasaran UMKM, Pertamina memberikan fasilitas pembinaan UMKM Naik Kelas dengan roadmap program Go Modern, Go Digital, Go Online dan Go Global berupa UMKM Academy, sertifikasi maupun perizinan, pop-up market, e-learning, publikasi, e-commerce, serta pameran, baik di dalam maupun luar negeri berkolaborasi dengan pemerintah maupun instansi lembaga terkait.

Penulis
: Redaksi
Sumber
: KORAN SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com