Peserta BPJS Kesehatan Keluhkan Obat Sering Kosong di RSUD Kotapinang

* Direktur RSUD: Pasien Beli Obat di Apotek, Uang akan Dikembalikan

421 view
Peserta BPJS Kesehatan Keluhkan Obat Sering Kosong di RSUD Kotapinang
Foto: Ist/harianSIB.com
Ilustrasi BPJS Kesehatan

Kotapinang (SIB)

Sejumlah pasien peserta BPJS Kesehatan mengeluhkan stok obat di RSUD Kotapinang. Pasalnya, obat-oabatan yang dibutuhkan pasien sering kosong, sehingga pasien terpaksa membeli dari apotek.

Akibatnya, obat yang seharusnya dibayarkan BPJS Kesehatan, terpaksa dibeli menggunakan uang pribadi.

Salah seorang pasien, Salmah (51) kepada wartawan, Selasa (2/8) menuturkan, dalam beberapa bulan terakhir obat yang dibutuhkannya tidak tersedia di apotek RSUD Kotapinang.

Padahal kata dia, sebagai peserta BPJS Kesehatan, seharusnya obat tersebut tidak perlu dibayar.

“Karena nggak ada di RSUD, saya terpaksa beli di apotek. Sementara harganya cukup mahal. Kalau begini, untuk apa kami bayar iuran BPJS Kesehatan setiap bulan,” katanya.

Pasien lainnya, Arifin (48) mengeluhkan hal yang sama. Anehnya kata dia, biaya yang dikeluarkan untuk membeli obat di apotek tidak diganti oleh pihak RSUD, untuk diklaim ke BPJS Kesehatan.

“Inikan aneh. Harusnyakan biaya obat itu bisa diklaim ke BPJS Kesehatan, sehingga uang kami dikembalikan. Namun pihak RSUD Kotapinang tidak membimbing kami melakukannya,” katanya.

Sementara itu, Direktur RSUD Kotapinang, dr Ridwan yang dikonfirmasi membenarkan masih terkendalanya sistem pengadaan obat-obatan.

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com