Petani Silimakuta Minta Pemkab Simalungun Monitor Harga Hasil Pertanian


366 view
Petani Silimakuta Minta Pemkab Simalungun Monitor Harga Hasil Pertanian
Duc Nguyen Van/Pixabay
Ilustrasi petani

Simalungun (SIB)

Sejumlah petani di Kecamatan Silimakuta Kabupaten Simalungun meminta kepada Pemerintah Kabupaten Simalungun memonitor harga hasil pertanian demi menjaga stabilitas harga di tingkat petani.


"Saat ini, pasar-pasar kecil di pinggir jalan raya sangat marak di Simalungun bagian atas, seperti di Kecamatan Purba dan Silimakuta. Kita minta Pemda memonitor harga hasil pertanian di pasar itu, agar tidak ada permainan tengkulak yang bisa merugikan petani," kata petani daerah itu, di antaranya Jhonson Manihuruk dan Sabaruddin Purba, Jumat (3/9) di tempat terpisah.


Petani mengatakan demikian supaya petani tidak dipermainkan pihak yang tidak bertanggungjawab dalam harga jual hasil pertanian, sehingga petani tidak mengalami kerugian saat menjual barangnya.


"Kita minta dimonitor dan diawasi. Bukan hanya di pasar-pasar kecil itu, tapi juga di Pasar Sub Terminal Agribisnis Saribudolok dan lainnya, agar stabilitas harga terjaga," kata Jhonson.


Selain itu, sambungnya, pihak Pemda juga diharapkan membuat daftar harga hasil pertanian di setiap pasar, agar petani mengetahui harga ketika menjual barangnya, sehingga tidak bisa dipermainkan tengkulak atau agen.


"Apalagi saat ini situasi pandemi, petani sangat membutuhkan perhatian. Salah satunya dengan memperhatikan dan menjaga stabilitas harga hasil pertanian. Kita harap Pemda turun tangan dalam hal itu," harapnya. (D5/f)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com