Peternak Ikan di Nagori Wonorejo Butuh Bantuan Induk Ikan Bersertifikat


686 view
Peternak Ikan di Nagori Wonorejo Butuh Bantuan Induk Ikan Bersertifikat
(Foto SIB/Agus Salim Siregar)
Peternak : Peternak ikan di Nagori Wonorejo, Kecamatan Pematangbandar saat merawat bibit ikan, Jumat (18/2).

Simalungun (SIB)

Untuk meningkatkan hasil ikan yang baik, peternak ikan di Nagori Wonorejo, Kecamatan Pematangbandar, membutuhkan bantuan induk ikan bersertifikat dari pemerintah. Hal ini diucapkan salah satu peternak ikan Sukesno.


Sukesno, saat ditemui di Wonorejo, Jumat (18/2) mengatakan, keunggulan induk ikan yang bersertifikat, benih yang dihasilkan lebih tahan terhadap penyakit, ikan lebih cepat besar, ukuran ikan seragam, sehingga dapat meningkatkan keuntungan bagi pengusaha ternak ikan. Selama ini induk ikan peternak jarang bersertifikat, ucapnya.

Sukesno mengatakan, masalah bagi peternak ikan di Nagori Wonorejo adalah soal induk ikan yang berkualitas atau bersertifikat dan penjualan ikan yang naik turun. Turunnya penjualan ikan bisa mencapai 50 persen. Hal ini terjadi akibat adanya pandemi Covid-19, sehingga mengakibatkan permintaan ikan jauh berkurang, ucapnya.


"Sebagian besar peternak ikan di Wonorejo, beternak ikan lele, gurami, nila dan ikan mas. Peternak melayani permintaan untuk benih ikan dan ikan makan," ucap Sukesno yang juga Pangulu Nagori Wonorejo.


Sukesno berharap, Pemerintah Kabupaten Simlaungun, melalui Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan dan Peternakan dapat memberi bantuan induk ikan yang bersertifikat. Bila kualitas induk ikan baik, dapat meningkatkan produksi. Tentunya juga dapat meningkatkan perekonomian peternak ikan di di Nagori Wonorejo, harapnya. (D06/f)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com