Petugas BPBD Labuhanbatu Diswab PCR


145 view
Petugas BPBD Labuhanbatu Diswab PCR
Foto: SIB/Efran Simanjuntak
SWAB: Tenaga kesehatan dari Dinas Kesehatan melakukan swab nasofaring dan orofaring petugas BPBD Labuhanbatu untuk diuji pada alat elektronik PCR Mobil yang baru dibeli GTPP Covid-19 Labuhanbatu seharga Rp4 M, Jumat (13/8), di depan Kantor BPBD, Jalan Gose Gautama Rantauprapat.
Rantauprapat (SIB)
Sedikitnya 92 pegawai dan petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Labuhanbatu diswab Polymerase Chain Reaction (PCR) virus corona (Covid-19), Jumat (13/8). Swab PCR dilakukan mengantisipasi penyebaran Covid-19 di kantor berseragam oranye tersebut.

"Swab PCR ini juga sekaligus menguji hasil uji pemeriksaan menggunakan PCR Mobil yang baru dibeli Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Labuhanbatu," kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala BPBD Labuhanbatu yang juga Sekretaris GTPP Covid-19 Labuhanbatu, Attia Mukhtar Hasibuan saat dikonfirmasi SIB.

Mobil PCR itu baru tiba di kantor BPBD, Jalan Gose Gautama Rantauprapat, Kamis (12/8). Mobil PCR itu dibeli seharga Rp4 miliar, untuk menjangkau masyarakat untuk pelayanan swab yang bergejala Covid-19, sehingga tidak mengirim spesimen lagi ke Medan.

"Swab, atau tes usap, adalah cara untuk memperoleh bahan pemeriksaan (sampel). Swab dilakukan pada nasofaring dan/atau orofarings oleh petugas tenaga kesehatan dari Dinas Kesehatan Labuhanbatu," sebut Attia.

Pengambilan ini dilakukan dengan cara mengusap rongga nasofarings dan/atau orofarings dengan menggunakan alat seperti kapas lidi khusus.

"Uji ini akan mendapatkan hasil apakah seseorang positif atau tidak SARS-CoV-2. Mudah-mudah (alatnya) bagus," ujarnya seraya menyebut hasil pemeriksaan akan dikabari.

Dia mengimbau masyarakat dan petugas BPBD Labuhanbatu untuk tetap menaati protokol kesehatan dengan selalu memakai masker, rajin menyuci tangan pakai sabun pada air mengalir, menjaga jarak dan menghindari kerumunan untuk menghindari penyebaran virus corona (Covid-19).

Nakes Dinkes dr Ibnu yang memimpin swab tersebut saat dikonfirmasi SIB, menyebut hasilnya belum keluar. "Besok hasilnya dibaca," jawab Ibnu melalui aplikasi pesan WhatsApp. (E5/d)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com