Petugas Satgas Covid-19 Patroli Prokes dan Semprot Cairan Disinfektan di Dua Kecamatan


193 view
Petugas Satgas Covid-19 Patroli Prokes dan Semprot Cairan Disinfektan di Dua Kecamatan
Foto : Dok/Diskominfo Medan
BAGIKAN MASKER : Petugas gabungan Satgas Covid-19 Kota Medan membagikan masker kepada masyarakat sembari mengingatkan pentingnya menerapkan Prokes di Kecamatan Medan Timur, Minggu (30/5).
Medan (SIB)
Tim Satgas Covid-19 Kota Medan menggelar patroli Protokol Kesehatan (Prokes) dan pengawasan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro, Minggu (30/5). Selain menerapkan disiplin penggunaan masker kepada masyarakat dan pengguna jalan, tim juga melalukan penyemprotan cairan disinfektan di pemukiman warga. Kegiatan itu digelar berdasarkan Surat Edaran Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution SE MM untuk mencegah dan memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19.

Sebelum melakukan patroli Prokes dan pengawasan PPKM Mikro, Kasat Pol PP Kota Medan HM Sofyan diwakili Kabid Perundang-undangan Ardhani SSTP memimpin apel yang diikuti petugas gabungan dari Satpol PP, TNI-Polri, Dishub, Dinas Kominfo, BPBD dan pihak kecamatan. Turut hadir dalam apel itu, Kabag Ops Polrestabes Medan AKBP Alimuddin Sinurat dan Kasi Perundangan-undangan Satpol PP Kota Medan Irfan.

Dikatakan Ardhani dalam sambutannya, meski patroli Prokes dan pengawasan PPKM Mikro sudah berjalan lebih dari seminggu, para petugas diharuskan tetap semangat melaksanakan tugas tersebut mengingat Covid-19 masih ada. Melalui kegiatan itu, mata rantai penyebaran Covid-19 dapat ditekan dan dihentikan.

"Saya berharap seluruh petugas tetap semangat dalam melaksanakan patroli Prokes dan pengawasan PPKM Mikro. Hal ini sangat bermanfaat bagi masyarakat khususnya dalam menghentikan penyebaran Covid-19," katanya.

Ditambahkan, dalam kegiatan itu petugas diharapkan tetap mengedepankan tindakan persuasif dan humanis, dentan melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat agar tetap disiplin menerapkan Prokes ketika beraktifitas.

"Kita terus imbau masyarakat agar disiplin mematuhi Prokes di tengah kondisi pandemi dengan menerapkan 5 M jika beraktifitas. Tentunya dalam bertugas, tetap mengedepankan tindakan persuasif dan humanis," ujarnya.

Usai apel, petugas Satgas Covid-19 yang sudah dibagi menjadi beberapa tim selanjutnya menuju ke titik yang telah ditentukan di Kecamatan Medan Timur dan Kecamatan Medan Johor. Dalam kegiatan di Kecamatan Medan Timur, petugas melakukan patroli Prokes dan pengawasan PPKM Mikro di kawasan Pasar Cahaya.

Pada kesempatan itu, petugas mendapati puluhan pengendara dan warga sekitar Pasar Cahaya tidak mengenakan masker. Sembari memberikan masker, petugas juga mengingatkan dan meminta warga untuk selalu mengenakan masker agar terhindar dari Covid-19. Selain melakukan patroli Prokes, petugas juga melakukan penyemprotan cairan disinfektan di permukiman warga, salah satunya di Komplek Pertokoan Mutiara Grandis di Jalan Pelita IV.

Sedangkan di Kecamatan Medan Johor, petugas juga melakukan penyemprotan disinfektan di Lingkungan VII, Kelurahan Gedung Johor, Kecamatan Medan Johor. Penyemprotan ini dilakukan karena lingkungan ini termasuk salah satu lingkungan yang diisolasi karena tingginya angka penyebaran Covid-19. (Rel/A16/a)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com