Pilkades 106 Desa, 314 Orang Mendaftar sebagai Balon Kades di Dairi


456 view
Pilkades 106 Desa, 314 Orang Mendaftar sebagai Balon Kades di Dairi
RUDY SITANGGANG/SUMUT POS
Kadis Pemdes Dairi, Junihardi Siregar.
Sidikalang (SIB)
Sebanyak 106 desa di Kabupaten Dairi akan melaksanakan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak pada 25 Nopember. Bakal calon (Balon) yang sudah mendaftar 314 orang.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispemdes) Dairi, Junihardi Siregar, Jumat (22/10) mengatakan, pendaftaran Balon Kades sudah ditutup pada, Rabu (20/10), dimana jumlah keseluruhan Balon Kades di 106 desa sebanyak 314 orang.

Selanjutnya, akan masuk tahapan verifikasi berkas dan seleksi tambahan bagi desa yang jumlah pendaftar lebih dari 5 orang. Seleksi tambahan digelar panitia pemilihan kepala desa (P2KD) yang difasilitasi Dispemdes.

"Jumlah Balon Kades itu pasti akan berkurang, dimana ada 6 desa, yang jumlah pendaftarnya lebih dari 5 orang," ucapnya.

Diterangkannya, desa yang jumlah Balon Kadesnya lebih dari 5 orang yaitu Desa Lau Bagot sebanyak 7 orang, Desa Lau Sireme 9 orang di kecamatan Tigalingga. Desa Harapan 6 orang, Desa Lau Tawar 7 orang di Kecamatan Tanah Pinem, Desa Longkotan 8 orang di Kecamatan Silima Pungga-Pungga serta Desa Sambaliang 9 orang di Kecamatan Berampu.

Jumlah total pemilih di 106 desa, sesuai daftar pemilih tetap (DPT), yang ditetapkan P2KD masing-masing desa sebanyak 119 ribu pemilih yang tersebar di 259 tempat pemungutan suara (TPS). Jumlah pemilih pada satu TPS maksimal sekitar 500 lebih. Junihardi lebih lanjut mengatakan, jumlah dana Pilkades serentak 106 desa Rp 4,2 miliar.(B03/d)
Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com