Pilkades Lau Primbom Dilaporkan ke Polres Dairi, Diduga Ada Politik Uang


1.637 view
Pilkades Lau Primbom Dilaporkan ke Polres Dairi, Diduga Ada Politik Uang
(Dok/JawaPos.com)
Ilustrasi politik uang

Dairi (harianSIB.com)

Pemilihan Kepala Desa Lau Primbon, Kecamatan Tanah Pinem Dairi, dilaporkan ke Polres Dairi terkait dugaan adanya tindak pidana suap. Calon kepala desa Herianto Sembiring melalui penasehat hukumnya, Ringkas Bangun melaporkan dugaan itu ke Mapolres Dairi.


Ringkas Bangun yang dihubungi lewat telepon, Jumat (17/12/2021), mengatakan, pihaknya membuat pengaduan ke Mapolres Dairi terkait adanya dugaan tindak pidana memberikan atau menjanjikan sesuatu, menyuap dalam Pemilihan Kepala Desa Lau Primbon, dengan terlapor AP. Di mana pemungutan suara Pilkades serentak di 106 desa digelar 25 November lalu.


Dugaan politik uang berawal terlapor mengirimkan tim suksesnya untuk membagi-bagikan uang kepada masyarakat Desa Lau Primbon, untuk memilih terlapor yang merupakan calon kepala desa.


Katanya, hal itu sesui pengakuan KS yang merupakan salah satu kepala dusun di Desa Lau Primbon. KS diduga disuruh terlapor untuk membagi-bagikan uang kepada warga pada, Rabu (24/11/2021), sekitar pukul 20.00 WIB, untuk memilih AP.


"KS mengaku uang yang dibagikan kepada masyarakat merupakan uang pajak yang belum disetor kepada kepala desa. KS disuruh terlapor yang merupakan petahana membagikan uang agar warga memilih AP," ucap Ringkas.


Kemudian, suruhan terlapor berinisial R dan SK serta oknum ketua BPD menemui KS di rumahnya. Lalu KS menyerahkan uang tersebut kepada ketiga orang itu, selanjutnya dibagikan kepada warga.


Laporan kliennya dikuatkan dengan bukti sejumlah uang sebesar Rp 1,1 juta yang diduga sisa uang yang dibagikan kepada masyarakat.


Kasie Humas Polres Dairi, Iptu Donni Saleh yang dikonfirmasi membenarkan adanya laporan masyarakat ke Mapolres Dairi terkait dugaan politik uang pada Pilkades Lau Primbon.


"Laporan sedang diproses," kata Doni. (*)

Penulis
: Theopilus Sinulaki
Editor
: Wilfred/Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com