Pilkades Serentak Dilaksanakan di 167 Desa, Plt Bupati Langkat dan Kapolres Turun Meninjau

* Jefri Wahyudi Menang di Desa Sambirejo

308 view
Pilkades Serentak Dilaksanakan di 167 Desa, Plt Bupati Langkat dan Kapolres Turun Meninjau
Taufik Hidayat
Tinjau: Plt Bupati Langkat, Syah Afandin, bersama Kapolres Langkat,  AKBP Danu Pamungkas Totok, meninjau langsung jalannya pemilihan kepala desa serentak di TPS 10 Desa Pantai Gemi, Kecamatan Stabat, Minggu (19/6). 

Langkat (SIB)

Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Kabupaten Langkat 2022 secara serentak dilaksanakan di 167 Desa yang dimulai hari ini Minggu (19/6) mulai Pukul 07.00 WIB hingga Pukul 13.00 WIB.

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Langkat, Syah Afandin, bersama Kapolres Langkat, AKBP Danu Pamungkas Totok, meninjau langsung jalannya pemilihan kepala desa serentak di TPS 10 Desa Pantaigemi, Kecamatan Stabat.

Dia menghimbau warga agar menggunakan hak suara mereka sebelum batas waktu yang sudah ditetapkan penyelenggara.

"Gunakan hak suara, karena suara rakyat menentukan siapa pemimpin desa enam tahun ke depan," sebut Plt. Bupati Langkat di hadapan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan warga pemilih.

Sedangkan Kapolres Langkat, AKBP Danu Pamungkas Totok juga mengimbau warga yang melaksanakan Pilkades serentak, untuk tetap menjaga kondusivitas usai penutupan pemilihan pukul 13.00 WIB, serta siap menerima kekalahan usai penghitungan suara nanti.

"Diminta kepada warga agar tetap menjaga kondusifitas dan siap menang serta siap kalah, utamakan keamanan dan kenyamanan warga usai pemilihan," sebut Kapolres.

Tidak Mau Tandatangani Berita Acara

Sementara itu pantauan wartawan SIB pelaksanaan Pilkades di Desa Sambirejo Kecamatan Binjai Kabupaten Langkat dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) 5805 pemilih di 12 TPS akhirnya dimenangkan pasangan nomor urut 1 Jefri Wahyudi dengan meraih 2315 suara sedangkan Suradi nomor urut 2 meraih 1899 suara.

Namun di akhir rapat pleno rekapitulasi hasil Pilkades di Aula Desa Sambirejo dipimpin Ketua Panitia Pilkades Desa Sambirejo Elmi Yulizal Ardi, SPd bersama Ketua BPBD, calon nomor urut 2 Suradi bersama Tim Suksesnya tidak bersedia menandatangani berita acara. Alasannya, hasil temuan para saksi dan tim di lapangan bahwa kemenangan itu karena ada faktor kecurangan.

Namun Elmi Yulizal menegaskan kendati salah satu calon Kades tidak bersedia menandatangani, tapi hasil rekapitulasi akan dibawa ke Dinas PMD Langkat,sesuai tahapannya.

Dalam kesempatan itu Elmi mengapresiasi pelaksanaan Pilkades Sambirejo yang berlangsung aman dan lancar.

Bahkan bahkan tingkat partisipasi kehadiran pemilih cukup baik mencapai 72 persen dari dengan kehadiran sebanyak 4241 pemilih dati 5805 pemilih.

“Memang belum memuaskan mencapai 75 persen, namun dengan kisaran angka 72 persen ini sudah terbilang baik dari tingkat antusias masyarakat, ”sebutnya dalam rapat pleno tersebut.

Sementara itu Suradi dikonfirmasi wartawan usai rapat pleno itu terkait tidak bersedia menandatangani berita acara rapat pleno mengaku, sesuai masukan dari saksi timnya jelang dan memasuki masa tenang Pilkades kemarin.

Saksi mereka melihat ada kecurangan dari kelompok lain, melakukan pembagian sembako beras,. Karenanya pihaknya akan kordinasi terlebih dahulu, sebutnya meninggalkan lokasi. (A-7/d)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: KORAN SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com