Perayaan Paskah Oikumene di Langkat

Plt Bupati Apresiasi Semangat Umat Menjaga Langkat Bumi Religius


207 view
Plt Bupati Apresiasi Semangat Umat Menjaga Langkat Bumi Religius
(Foto: SIB/Sukardi Bakara)
FOTO BERSAMA: Plt Bupati Langkat diwakili Kadis Kanla Hendrik Tarigan SPt MMA berfoto bersama Forkopimda Langka serta panitia pada Perayaan Paskah Oikumene TNI/Polri, KORPRI dan  masyarakat Kristiani Langkat di Gedung Persatuan Wanita Patra (PWP) Pertamina RU II Pangkalan Brandan, Kamis (12/5). 

Langkat (SIB)

Perayaan Paskah Oiukumene TNI/Polri, Korpri dan masyarakat Kabupaten Langkat dilaksanakan sederhana di Gedung Persatuan Wanita Patra (PWP) Pertamina RU II Pangkalan Brandan, Kamis (12/5).


Turut hadir pelaksana Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Langkat H Syah Afandin SH, diwakili Kadis Perikanan dan Kelautan Kabupaten Langkat, Hendrik Tarigan, SPt, MMA mewakili Kapolres Langkat AKP Bram Chandra Kapolsek Pangkalan Berandan, Kapten AE Sihombing,mewakili Dandim 0203 Lkt, Kasi Bimas Kristen Pdt Sumaryanto STh,

Plt Bupati Langkat dalam arahan dan bimbingan tertulis menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada kepanitiaan Paskah Oikumene Kabupaten Langkat,dalam kaitan pengangkatan tema.


Semoga semangat menjaga Kabupaten Langkat, sebagai bumi yang religius dapat dirawat dan dijaga bersama.


“Mari selalu mendekatkan diri kepada Tuhan. Sehingga baik diri dan daerah kita Kabupaten Langkat, senantiasa dalam kasihNya,” sebut Plt Bupati Langkat dalam perayaan Paskah menerapkan protokol kesehatan ketat, serta membatasi jumlah yang hadir sebanyak 300 orang dan bagi jemaat di rumah dapat menyaksikan melalui Youtube Streaming BKAG.


Karenanya Plt Bupati kembali mengharapkan dukungan umat kristiani bagi berjalannya visi Religius di Kabupaten Langkat.


Salah satu kuncinya adalah kebersamaan, semangat kegotong royongan dan saling berupaya untuk memberikan yang terbaik, dari yang dapat kita lakukan. Agar diri dan keluarga anak generasi kita semakin kuat keimannnya.


“Mari sama kita jaga semangat persaudaraan, satu Bangsa dan satu Tanah Air. Lakukan yang terbaik sesuai dengan profesi dan kemampuan yang dimiliki. karena Tuhan pasti punya rencana terbaiknya buat kita,” sebut Plt Bupati Langkat.


Sementara Ketua Badan Kerjasama Antar Gereja (BKAG) Kabupaten Langkat Pdt Rudy Butarbutar MMis, melantik kepengurusan BKAG Wilayah Teluk Aru yang baru.


Setelah sebelumnya Sekretaris BKAG Langkat, St Herawati Purba SKM membacakan SK BKAG Langkat No: 07/BKAG Langkat/Mei/ 2022 tertanggal 12 Mei 2022 tentang Susunan kepengurusan BKAG Wilayah Teluk Aru Periode 2022-2025.


Adapun susunan pengurus yang dilantik Ketua Umum BKAG Teluk Aru, Pdt Obaja Situmorang MTh (GPDI Salem Securai), Ketua I Pdt Arnold B Siregar MTh (GKPA P Brandan), Ketua II Pdt Daniel Sirait SPi (GPDI Besitang), Ketua III Pdt Copianna Luntungan SSI (GPIB P Berandan), Ketua IV St ED Situmorang SPd MPd (HKBP P Berandan), Sekretaris Umum Lindung Simanjuntak SPd (Katolik P Brandan), Sekretaris I St M Manurung (HKI Securai), Pdt LP Hutapea STh (GKPI- P Berandan), Sekretaris III Pdt Tahan Simamora STh (GBI Besitang), Sekretaris IV Pdt J Purba (GMI Securai), Bendahara Umum St Renty Br Hutauruk SPdk (HKBP P Brandan), Wakil Bendahara Rosida Br Situmorang (GPDI Securai) dan sejumlah kepengurusan seksi-seksi lainnya.


Dalam sambutan Ketua BKAG Langkat itu mengapresiasi panitia yang bekerja keras melaksanakan beberapa kegiatan Pra-Paskah, Seminar Penanggulangan Terorisme dan Penyuluhan Anti Narkoba melibatkan pemuda/remaja gereja serta Turnamen Futsal memperebutkan BKAG Cup diikuti 16 Klub/Gereja yang cukup sukses. Secara khusus Pdt Rudy pada peserta pengurus BKAG wilayah Teluk Aru Periode 2022-2025 yang dilantik, mengucapkan selamat dan sukses serta selamat bekerja dan berkarya dalam pelayanannya.


Ketua Panitia Paskah Pdt Obaja Situmorang MTh yang juga Ketua BKAG Teluk Aru itu usai pelantikan menyampaikan terimakasih atas terlaksana perayaan Paskah dengan baik serta meminta dukungan dari tokoh masyarakat kristiani dan gereja terutama dalam menjalankan agenda program BKAG khususnya dalam mendukung masyarakat Langkat religius dan bermartabat.

Kasi Bimas Kristen Kemenag Langkat Pdt Sumaryanto MTh mengatakan, perayaan hari besar keagamaan umat kristiani, sebenarnya tidak hanya Paskah dan Natal. Namun ada 3 perayaan hari besar Jumat Agung, Kenaikan Tuhan Yesus dan Hari Pentakosa yaitu hari lahirnya gereja.


Pertanyaan kenapa ketiga perayaan lainnya itu tidak pernah disentuh. Karenanya, ia berharap kepada Plt Bupati Langkat,melalui Kadis Kanla Langkat kiranya dapat mengalokasikan anggaran untuk ketiga kegiatan keagamaan itu, sebutnya.


Sementara kotbah Paskah dibawakan Romo P Yosafat Ivo OFM, Cap dari Keuskupan Agung Medan mengutip tema, Tak Terpisahkan dari Kasih Allah (Roma 8:38-39.


Diuraikannya dari seluruh rangkaian sejarah kehidupan Yesus dapat disimpulkan satu kata yakni Kasih dan Yesus Kristus bukti Kasih Allah yang Dia hadirkan ditengah tengah dunia. Ketika Yesus lahir mau menunjukkan bahwa Allah mengasihi. Yesus berkarya mewartakan kabar gembira menyebuhkan orang sakit. Mengusir setan, Mengampuni dalam konteks menujukkan kasih. (A7/a)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com