Plt Kadis LH Labuhanbatu Ajak Masyarakat Jaga Kelestarian Lingkungan


119 view
Plt Kadis LH Labuhanbatu Ajak Masyarakat Jaga Kelestarian Lingkungan
Foto: ©istock
Ilustrasi.

Rantauprapat (SIB)

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kabupaten Labuhanbatu Syahbela Rusli Siregar mengajak masyarakat bersama-sama menjaga kelestarian lingkungan agar bumi Ika Bina En Pabolo, Labuhanbatu, selalu bersih dan sehat.


“Ya, saya sebagai Kepala Dinas Lingkungan Hidup mengajak seluruh masyarakat Labuhanbatu agar bersama-sama menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan dan ikut memberdayakan sampah supaya tidak terjadi penumpukan di tempat pembuangan sementara yang dapat mencemari lingkungan,” ajaknya, saat ditemui wartawan, Senin (8/8), di Rantauprapat.


Menurut Rusli, persoalan sampah harus menjadi perhatian utama memperbaiki Labuhanbatu. Untuk ini, tambahnya, perlu keterlibatan seluruh komponen masyarakat, bagaimana Labuhanbatu selalu bersih sehingga masyarakat sehat.


"Penanganan masalah sampah, pemerintah Kabupeten Labuhanbatu tidak bisa bekerja sendiri, mengingat sumber sampah yang luas mulai dari sampah rumah tangga, industri, pasar serta dari berbagai aktifitas masyarakat, seiring pertumbuhan jumlah penduduk, perubahan gaya hidup dan peningkatan kesejahteraan masyarakat," ujarnya.


Dia menjelaskan, terdapat pergeseran paradigma pengelolaan sampah, dari yang semula kumpul-angkut-buang, menjadi pengurangan di sumber (reduce at source) dan daur ulang sumber daya (resource recycle), sebagaimana amanat UU No.18 tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah. (E5/f)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com