Polisi Ledakkan Sebuah Mortir yang Ditemukan Pelajar di Sibolangit


104 view
Polisi Ledakkan Sebuah Mortir yang Ditemukan Pelajar di Sibolangit
Foto Dok/Amir
AMANKAN LOKASI MORTIR: Petugas saat mengamankan lokasi penemuan mortir di Dusun IV, Jalan Pikpik, Desa Bandarbaru, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deliserdang, Kamis (9/9).
Pancurbatu (SIB)
Seorang pelajar menemukan satu mortir di lahan milik warga di Dusun IV, Jalan Pikpik, Desa Bandarbaru, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deliserdang, Rabu (1/9) sekitar pukul 23.50 WIB. Mortir tersebut sempat dipindahkan oleh si penemu sebelum akhirnya diamankan Polsek Pancurbatu.

Kapolsek Pancurbatu Kompol Dedy Darma SH membenarkan penemuan mortir tersebut. "Sudah kita amankan dan Jumat (10/9) sekitar pukul 10.00 WIB dan sudah kita disposal (ledakkan) di salah satu kawasan di Desa Durin Sirugun, Sibolangit," kata Dedy kepada jurnalis harianSIB.com, Jumat (10/9).

Ia mengatakan mortir tersebut ditemukan oleh Kevin Bremana Putra (15) salah seorang pelajar. "Saat ditemukan di salah satu lokasi semak-semak, kita menduga sudah lama tertanam di sekitar lokasi. Sebelum kita amankan, mortir aktif tersebut sempat dipindahkan penemu sekitar kurang lebih dua meter dari lokasi penemuan ke dekat pohon pinus," ujarnya.

Penemuan mortir tersebut berjarak sekitar 70 meter dari tempat tinggal Kevin. "Jadi penemuan mortir lebih kurang 70 meter dari kediaman Kevin, kenapa dipindahkannya, dia (Kevin) takut kalau mortir tersebut tersentuh atau terpinjak oleh orang lain sebelum kita amankan," ungkapnya.

Pihaknya bersama pemerintah desa setempat mengamankan mortir tersebut sebelum Jibom Brimob Poldasu meledakkannya. "Sudah aman kok. Kita juga mengimbau kepada warga, apabila nantinya ada menemukan hal-hal seperti itu, jangan diganggu karena itu sangat membahayakan, dan segera lapor ke pihak berwajib terdekat," imbaunya. (SS6/c)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com