Polisi Masih Lidik Kebakaran 9 Ruko di Lubukpakam, 3 Petugas Damkar Terluka


152 view
Polisi Masih Lidik Kebakaran 9 Ruko di Lubukpakam, 3 Petugas Damkar Terluka
Foto: SIB/Lisbon Situmorang
BEKAS KEBAKARAN: Kepolisian memasang Police Line dilokasi bekas kebakaran 9 ruko yang terbakar, guna penyelidikan, Sabtu (23/10) di Lubukpakam.
Lubukpakam (SIB)
Pihak Polsek Lubukpakam Polresta Deliserdang bekerjasama dengan tim Labfor (Laboratorium Forensik) Polda Sumut dan tim Inafis (Automatic Finger Print Identification System) Polresta Deliserdang, Sabtu (23/10) melakukan penyelidikan dan mengumpulkan barang bukti pada insiden kebakaran 9 Ruko (Rumah toko) di Lubukpakam.

Di area bekas kebakaran pihak Kepolisian memasang “police line” untuk mempermudah penyelidikan, guna mencari tau penyebab kebakaran. Sedangkan korban pemilik ruko yang musnah terbakar, mengungsi ke tempat keluarga terdekat.

Sembilan ruko yang terbakar di Jalan Sutomo adalah warung kopi/martabak India Muslim Abdul Aziz, toko perabot Mulia/Ayoung, conter/asesoris handphone GMT, penjual kacamata, penjual pakaian anak-anak, Ruko TST, toko perabot Tamura, toko perabot Hj Summah-1 dan Hj Summah-2.

Sementara 3 petugas pemadam kebakaran (Damkar) yang terluka yakni Dodi Syahputra warga Desa Sekip Kecamatan Lubukpakam, Deni Sinaga warga Kelurahan Cemara Kecamatan Lubukpakam dan Ramot Parulian Pardede warga Desa Pagarjati Kecamatan Lubukpakam, menjalani perawatan rawat jalan.

Informasi dihimpun, Sabtu (23/10), sebelumnya pegawai warung kopi/martabak India Muslim Abdul Aziz, melihat ada api berasal dari lantai 2 rumah toko. Dengan cepat api menyebar dan membakar lantai 2 bangunan ruko yang berdempetan dan merupakan bangunan lama yang umumnya menggunakan bahan kayu.

Selanjutnya api menyebar dan membakar bangunan ruko hingga membakar 9 unit. Api dapat dipadamkan saat membakar bagian atas bangunan ruko ke-9 yaitu satu unit toko perabot Hj Summah. Sedang bangunan bagian bawah dapat diselamatkan.

Ketiga petugas Damkar terluka karena terjatuh dari atas bangunan kanopi yang rubuh, saat berusaha memadamkan api. Ketiga petugas mengalami terkilir pada urat bagian pinggang. Setelah menjalani perawatan di RSUD Deliserdang, selanjutnya menjalani rawat jalan.

Beberapa saat kemudian, api dapat dipadamkan setelah 6 mobil pemadam kebakaran dari Pemkab Deliserdang dibantu 1 mobil pemadam dari Serdangbedagai serta mobil water canon Polresta Deliserdang dikerahkan ke lokasi. Selanjutnya, 4 unit mobil ambulans tiba di lokasi memberikan pertolongan.

Kapolsek Lubukpakam Polresta Deliserdang AKP Hendri Yanto Sihotang SH ketika dikonfirmasi melalui Kanit Reskrim Iptu Desman Manalu mengatakan pihaknya masih melakukan penyelidikan, dengan mengumpulkan barang bukti.

“Belum bisa kita menyimpulkan penyebab kebakaran itu, kita masih melakukan penyelidikan,” jelasnya.

Sebelumnya diberitakan, sekira 7 Ruko (Rumah Toko) di Jalan Sutomo Lubukpakam Kota Kabupaten Deliserdang, terbakar, Jumat (22/10) pukul 21.00 WIB. (C1/c)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com