Polres Dairi Lakukan Pemetaan dan Antisipasi Dini Pengamanan Pilkades Serentak di 106 Desa


419 view
Polres Dairi Lakukan Pemetaan dan Antisipasi Dini Pengamanan Pilkades Serentak di 106 Desa
Foto: SIB/Tulus Tarihoran
BERI KETERANGAN : Kapolres Dairi AKBP Wahyudi Rahman bersama Bupati Dairi Eddy KA Berutu beri keterangan terkait pelaksanaan Pilkades serentak, Sabtu (16/10) di Sidikalang.
Sidikalang (SIB)
Kapolres Dairi AKBP Wahyudi Rahman menegaskan sudah melakukan pemetaan kerawanan pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di 106 desa dan melakukan antisipasi dini.

Hal itu disampaikan, AKBP Wahyudi Rahman, Sabtu (16/10) usai meninjau vaksinasi massal di Aula Paroki Gereja Katolik St Maria Sidikalang. Pihaknya sudah menugaskan personel untuk melakukan pemetaan 106 desa melaksanakan Pilkades serentak yang memiliki potensi gejolak. Juga melakukan antisipasi dini apa bila ada gejolak di desa.

Di samping itu katanya, pihaknya juga tetap mensosialisasikan disiplin protokol kesehatan (Prokes) kepada masyarakat, terkhusus yang melaksanakan pesta demokrasi tingkat desa.

Situasi Covid-19 di Dairi terus menurun, jangan sampai usai Pilkades, mengalami peningkatan kasus Covid-19. "Paling utama Harkamtibmas, Dairi aman, Dairi sehat itu yang kita dambakan," ucapnya.

Masalah personel pengamanan Pilkades semua terlibat. Pihaknya akan memaksimalkan personel yang ada, makanya dilakukan pemetaan potensi kerawanan, sehingga nantinya bisa diantisipasi. Bhabinkamtibmas sudah melakukan pengamanan secara intensif.

"Apabila kita anggap situasi Pilkades di luar batas kendali, akan meminta bantuan satuan atas. Polda Sumut nantinya menentukan grafik antisipasi, grafik pelaksanaan pengamanan," ucapnya.

Sementara itu, Bupati Dairi, Eddy Keleng Ate Berutu harapkan pelaksanaan Pilkades serentak di 106 desa berjalan damai, lancar dan kondusif. Masing- masing masyarakat yang desanya melaksanakan Pilkades sudah pasti memiliki perbedaan pilihan, tetapi persaudaraan yang paling utama. Siapapun nantinya terpilih pada 25 November akan datang, akan tetap meneruskan pembangunan dan menjaga kesehatan.

Untuk menjaga kondusifitas, juga sudah disiapkan sekitar 251 orang Limnas, mereka sudah dilatih. Katanya, proses pelaksanaan Pilkades sejauh ini berjalan dengan kondusif dan pihaknya tetap berkoordinasi dengan Polisi dan TNI. (B3/f)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com