Terkait Dugaan Bagi-bagi Proyek DAK di Dairi

Polres Dairi akan Mendalami dan Mengawasi Proses Tender


254 view
Polres Dairi akan Mendalami dan Mengawasi Proses Tender
Istimewa
AKBP Ferio Sano Ginting 
Sidikalang (SIB)
Kepolisian Resort (Polres) Dairi akan mendalami dugaan persekongkolan bagi- bagi proyek dana alokasi khusus (DAK) Kabupaten Dairi Tahun 2021, yang sedang tender di unit kegiatan pengadaan barang dan jasa (UKPBJ).

"Kita akan melakukan pengawasan dan mendalami dugaan kecurangan dalam proses tender proyek DAK tersebut," kata Kapolres Dairi, AKBP Ferio Sano Ginting didampingi KBO Reskrim Iptu Sumitro Manurung dan Kanit Tipikor Ipda Tobok Panggabean, Senin (19/7) di Mapolres Dairi.

Katanya, sekarang masih proses tender dan belum ada pengumuman pemenang. Artinya harus diawasi sejak dini, agar terhindar dari praktik kecurangan. Pihaknya sedang melakukan pengumpulan bukti- bukti. Kalau ada indikasi pidana, akan dilakukan penyelidikan.

"Ini masih sebatas dugaan. Perlu bukti-bukti awal/ permulaan karena hukum mengarah pada pembuktian. Bila ada rekan-rekan media memiliki dokumen terkait dugaan kecurangan bagi- bagi proyek DAK tersebut, boleh diserahkan" katanya.

Mendalami dugaan kecurangan itu, bagian dari pencegahan korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN). Sehingga proses tender yang sedang berjalan sesuai aturan yang berlaku. Dan pemenang tender adalah perusahaan yang betul- betul memenuhi syarat.

Seperti yang diberitakan SIB sebelumnya, dari dokumen yang diperoleh wartawan, sejumlah paket proyek sudah dilabeli. Seperti paket proyek rehabilitasi sedang berat ruang kelas SMPN 2 Sidikalang dengan pagu Rp 1,4 miliar lebih tertulis person port 1, tertulis juga sejumlah nama hingga pengurus partai tingkat kecamatan.

Dimana paket proyek yang sedang ditenderkan itu terdapat di 7 organisasi perangkat daerah (OPD) dengan kegiatan fisik dan konsultan pengawasan. Ketujuh OPD itu adalah Dinas Pendidikan sebanyak 62 paket, Dinas PUTR sebanyak 15 paket, Dinas Kesehatan sebanyak 6 paket, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sidikalang sebanyak 6 paket, Dinas PPAKB sebanyak 1 paket, Dinas Lingkungan Hidup sebanyak 6 paket serta Dinas Pariwisata sebanyak 4 paket. (B3/a)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com