Polres Sergai Tangkap Tiga Pria Terduga Pelaku Pembakaran Mobil Milik Polisi


104 view
Polres Sergai Tangkap Tiga Pria Terduga Pelaku Pembakaran Mobil Milik Polisi
(Foto: harianSIB.com/Rimpun H Sihombing)
PAPARKAN:  Kapolres Sergai, AKBP Robin Simatupang didampingi Kaurbinops Satreskrim Iptu Adi Santika dan Kanit I Iptu Mariduk Tambunan memaparkan penangkapan tiga pria terduga pelaku pembakaran mobil milik personel Polres Sergai, Senin (13/9/2021). 
Sergai (harianSIB.com)
Tim Opsnal Satreskrim Polres Serdangbedagai (Sergai) mengamankan tiga pria terduga pelaku pembakaran mobil milik personel Polres Sergai dari lokasi berbeda.

Kapolres Sergai, AKBP Robin Simatupang, Senin (13/9/2021), di Mapolres Sergai mengungkapkan ketiga pelaku yakni, ST (33) warga Gang Gunadi Dusun 2 Desa Pon, Kecamatan Seibamban, MIT (26) Warga Gang Ali Desa Melati I, Kecamatan Perbaungan dan AS (33) warga Jalan Mesjid Lingkungan X, Kelurahan Tualang, Kecamatan Perbaungan. Sedangkan satu pelaku lainnya yakni I alias Penger belum tertangkap (DPO).

"Ketiga pelaku ditangkap atas dugaan pelaku pembakaran mobil milik M Azhar Ritonga (44), personel Polres Sergai pada Sabtu (29/2/2021), pukul 02.00 WIB, di kediaman korban di Lingkungan VI, Kelurahan Tualang, Kecamatan Perbaungan", kata Robin saat memaparkan penangkapan ketiga pelaku.

Robin lebih lanjut memaparkan, korban yang saat itu sedang tidur, terbangun karena hendak buang air kecil. Saat menuju kamar mandi, korban melihat nyala api di garasi dan bagian belakang mobilnya terbakar. Mengetahui hal itu, korban spontan berteriak memanggil istrinya. Keduanya kemudian berhasil memadamkan api. Keberatan atas kejadian itu, korban selanjutnya membuat laporan pengaduan ke Polres Sergai.

Usai menerima laporan pengaduan korban, lanjut Robin, tim Opsnal Satreskrim langsung beegerak ke lapangan untuk melakukan penyelidikan, sehingga tim berhasil mengamankan ketiga pelaku.

"Ketiga pelaku ditangkap dari lokasi berbeda. ST ditangkap pada tanggal 18 Agustus 2021 di Lapas Tebingtinggi usai menjalani hukuman perkara pencurian. Sedangkan MIT dan AS ditangkap dari kediaman masing-masing pada 7 September 2021. Sedangkan satu pelaku lainnya yang diduga sebagai otak pelaku berinisial I, belum berhasil tertangkap atau DPO, namun identitasnya telah kita ketahui dan akan terus kita kejar", jelas Robin.

Dari hasil pemeriksaan diketahui, pembakaran mobil milik korban tersebut dilatarbelakangi karena korban mengungkap kasus narkoba yang merupakan jaringan narkoba AS dan I. Selanjutnya, AS dan I menyuruh ST untuk membakar mobil korban dengan iming-iming diberi Rp 5 juta, namun hanya diberi Rp 1,5 juta. Saat melakukan pembakaran, pelaku ST diantar MIT yang bertindak selaku penunjuk kediaman korban.

"Ketiga pelaku beserta barang bukti, saat ini sudah diamankan di Polres Sergai. Ketiganya dijerat dengan pasal 187 ke-1e, 2e jo 55, 56 dari KUHPidana dengan ancaman 12 tahun penjara dan maksimal 15 tahun penjara", kata Robin Simatupang. (*)


Penulis
: Rimpun H Sihombing
Editor
: Wilfred/Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com