Polres Simalungun dan Karo Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Toba 2022


295 view
Polres Simalungun dan Karo Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Toba 2022
Foto : Dok/Humas Polres Simalungun
PERIKSA PASUKAN: Kapolres Simalungun, AKBP Ronald FC Sipayung memeriksa pasukan pada pelaksanaan apel gelar pasukan Operasi Zebra Toba 2022 di Lapangan apel Polres Simalungun Jalan Jhon Horailam Saragih Kecamatan Pamatangraya Kabupaten Simalungun, Senin (3/10). 

Simalungun (SIB)


Kapolres Simalungun, AKBP Ronald FC Sipayung memimpin apel gelar pasukan Operasi Zebra Toba 2022 di Lapangan apel Polres Simalungun, Jalan Jhon Horailam Saragih Kecamatan Pamatangraya Kabupaten Simalungun, Senin (3/10).

Apel gelar pasukan itu dihadiri oleh Danki Brimob Kompi 2 Yon B AKP Ghafur Hidayat, Denpom I/1 Pematangsiantar Kapten CPM S Sembiring, Kepala BPBD Pemkab Simalungun Ramadhan Damanik, Kasat Pol PP, Armadi Girsang dan Kadis Perhubungan, Sabar P Saragih.

Kapolres menyampaikan amanat Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Drs RZ Panca Putra Simanjuntak, bahwa apel gelar pasukan ini dilaksanakan secara serentak oleh Polda Sumatera Utara beserta Polres jajaran.

"Apel gelar pasukan yang kita laksanakan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Zebra Toba 2022, baik pada aspek personel, sarana prasarana, termasuk keterlibatan seluruh unsur terkait," katanya.

Sebagaimana kita ketahui bersama, sambung Kapolres, permasalahan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalulintas masih sangat memprihatinkan. Hal tersebut tentu tidak terlepas dari rendahnya kesadaran terhadap aturan berlalulintas dan kepatuhan para pengguna jalan, sehingga berpotensi menimbulkan kemacetan dan kecelakaan lalulintas yang mengakibatkan kerugian materiil maupun korban jiwa.

Dikatakan, menyikapi permasalahan tersebut Polda Sumut beserta jajaran menggelar Operasi Kepolisian Mandiri Kewilayahan dengan sandi Operasi Zebra Toba 2022. Operasi akan berlangsung selama 14 hari terhitung mulai tanggal 3-16 Oktober 2022 dengan mengusung tema, tertib berlalulintas guna mewujudkan Kamseltibcar lantas yang presisi.

"Operasi ini merupakan operasi Harkamtibmas bidang lalulintas yang mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif didukung pola penegakan hukum secara elektronik menggunakan etle statis dan mobile maupun teguran secara simpatik," kata Kapolres

Pelaksanaan operasi ini jelasnya, bertujuan untuk mengurangi angka pelanggaran dan kecelakaan lalulintas, mengurangi angka fatalitas akibat kecelakaan lalulintas, serta meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalulintas.

"Sasaran operasi ini adalah segala bentuk potensi gangguan, ambang gangguan dan gangguan nyata yang menyebabkan kemacetan dan pelanggaran lalulintas, baik sebelum maupun pada saat dan pasca operasi," katanya.

Karena itu, Kapolres berharap kepada seluruh personel yang terlibat dalam pelaksanaan operasi, benar-benar memahami cara bertindak yang harus dilaksanakan yaitu melaksanakan deteksi dini, penyelidikan dan pemetaan terhadap lokasi yang rawan kemacetan.

Humanis

Kapolres Karo, AKBP Ronny Nicolas Sidabutar memimpin apel gelar pasukan Operasi Zebra Toba tahun 2022, Senin (3/10) di Mapolres Karo.

Apel diikuti pasukan petugas gabungan dari anggota Polres Karo, Subdenpom Kabanjahe, Kodim 0205 TK, Batalyon 125 SMB dan anggota Satpol PP serta Dishub Pemerintah Kabupaten Karo. Selain pasukan, hadir juga pimpinan Forkopimda seperti Bupati Karo Cory Sriwaty Br Sebayang, Wakil Ketua DPRD Karo David Sitepu, Wakil Ketua PN Kabanjahe Redi Sembiring, Kasi Pidum Kejari Karo David Lahanson Sipayung serta Dansub Denpom Kapt CPM Dwi Darsono.

Arahan Kapolda Sumut dibacakan Kapolres Karo. Diurainya, operasi digelar dengan mengedepankan kegiatan yang bersifat edukatif, persuasif, humanis dan didukung dengan teguran yang bersifat simpatik. "Tetap menerapkan Prokes Covid-19, diharapkan Kamseltibcarlantas dapat terwujud," ujar Kapolres.(D5/b1/c)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com