Sabtu, 20 Juli 2024

Polsek Jajaran Polres Langkat Ajak Warga Hindari Informasi Hoaks Jelang Pemilu

Redaksi - Senin, 29 Mei 2023 14:52 WIB
163 view
Polsek Jajaran Polres Langkat Ajak Warga Hindari Informasi Hoaks Jelang Pemilu
(Foto: Dok/Humas Polres Langkat)
SOSIALISASI: Personel Bhabinkamtibmas Polsek Padang Tualang Aipda Marianto (tengah) menggelar sosialisasi kepada warga Dusun VI Bukit Payung, Desa Kwala Besilam, Kecamatan Padang Tualang, Kabupaten Langkat, Senin (29/5/2023). 
Langkat (harianSIB.com)
Personel Bhabinkamtibmas Polsek-Polsek jajaran Polres Langkat menggelar sosiasilasi di wilayah hukum masing-masing, untuk mengajak masyarakat agar menghindari penyebaran informasi hoaks, khususnya menjelang pemilihan umum (Pemilu) 2024, Senin (29/5/2023).

Kapolres Langkat melalui Plh Kasi Humas AKP S Yudianto mengatakan, personel Bhabinkamtibmas Polsek Stabat Aipda Ferry Afandi Bangun melakukan sosialisasi kepada warga Dusun I, Desa Mangga, Kecamatan Stabat, Kabupaten Langkat.

Personel Bhabinkamtibmas Polsek Padang Tualang Aipda Marianto menggelar sosialisasi kepada warga Dusun VI Bukit Payung, Desa Kwala Besilam, Kecamatan Padang Tualang, Kabupaten Langkat. Sedangkan personel Bhabinkamtibmas Polsek Hinai Bripka Antoni Sembiring menggelar sosialisasi kepada warga Dusun III, Desa Batu Malenggang, Kecamatan Hinai, Kabupaten Langkat.

Personel Bhabinkamtibmas Polsek Bahorok Aipda Resada Sitepu menggelar sosialisasi kepada warga Dusun Sri Jadi, Desa Simpang Pulo Rambung, Kecamatan Bahorok, Kabupaten Langkat. Sementara personel Bhabinkamtibmas Polsek Pangkalan Berandan Bripka Arifin menggelar sosialisasi kepada warga Lingkungan IV Teratai, Kelurahan Sei Bilah Timur, Kecamatan Sei Lepan, Kabupaten Langkat.

Dijelaskannya, Bhabinkamtibmas merupakan personel Polri pada setiap desa atau kelurahan yang memiliki peran penting dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di tingkat lokal. Dalam konteks pemilu, Bhabinkamtibmas juga berperan dalam mengedukasi masyarakat tentang pentingnya mendapatkan informasi yang akurat dan valid.

Menghadapi pemilu, sebutnya, Bhabinkamtibmas fokus untuk mengantisipasi penyebaran informasi hoaks yang dapat memicu konflik dan ketidakstabilan sosial. Dalam pelaksanaan tugas, personel Bhabinkamtibmas secara aktif akan bekerja sama dengan lembaga pemerintah terkait seperti KPU dan Bawaslu, untuk mengawasi dan memberantas penyebaran informasi palsu.

Dalam kegiatan itu, lanjutnya, personel memberikan pemahaman kepada warga tentang ciri-ciri informasi hoaks, seperti sumber yang tidak jelas, ketidaktepatan fakta dan adanya kecenderungan untuk memprovokasi atau menghasut. Petugas juga mengajak seluruh elemen masyarakat agar tidak golput dan menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2024, serta tak mudah terprovokasi oleh ulah oknum tertentu dan tidak bertanggungjawab.

"Masyarakat juga diajak untuk menggunakan media sosial dengan bijak, serta tak sepenuhnya percaya terhadap informasi yang tersebar pada platform media sosial, namun selalu memiliki pemikiran kritis dan mencari sumber informasi yang terverifikasi," jelasnya.

Dipaparkan, kegiatan itu bertujuan untuk mencegah terjadinya polarisasi dan konflik sosial yang dapat merusak proses demokrasi. Untuk itu, akunya, Polres Langkat berharap semua pihak dapat bersama-sama menciptakan suasana yang kondusif, berlandaskan pada informasi akurat dan keberanian berpendapat yabg bertanggungjawab. (A12)



Editor
:
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Terkait Dugaan Informasi Hoaks, Penyanyi NB Dilaporkan ke Polda Sumut
Polsek Jajaran Polres Langkat Ajak Warga Hindari Informasi Hoaks Jelang Pemilu
komentar
beritaTerbaru