Polsek Panai Tengah Padamkan Kebakaran Lahan di Perbatasan Sumut-Riau


245 view
Polsek Panai Tengah Padamkan Kebakaran Lahan di Perbatasan Sumut-Riau
Foto: Dok/Rusdi Koto
PADAMKAN KEBAKARAN LAHAN; Kapolsek Panai Tengah Polres Labuhanbatu bersama anggota menyiram bara-bara api di lahan perkebunan masyarakat di Dusun Sirahu, Desa Selatbeting, Kecamatan Panai Tengah, Kabupaten Labuhanbatu, yang terbakar sejak Minggu (27/6) sore. Polsek berjibaku memadamkan kebakaran lahan tersebut.
Labuhanbatu (SIB)
Tim Polsek Panai Tengah Polres Labuhanbatu memadamkan api yang membakar lahan perkebunan masyarakat di Dusun Sirahu, Desa Selatbeting, Kecamatan Panai Tengah, Kabupaten Labuhanbatu, sejak Minggu (27/6) sore hingga Senin (28/6) malam. Kemarau yang terjadi beberapa bulan terakhir memicu kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di daerah perbatasan Sumatera Utara dengan Riau itu.

Kapolsek Panai Tengah, AKP Rusdi Koto menyebutkan pihaknya dibantu karyawan PT PAL telah memadamkan kebakaran lahan masyarakat. Sijago merah menghanguskan lahan gambut dan semak belukar di areal perkebunan milik Daniel Patomin Nababan dkk seluas 20 hektare.

"Pada Minggu 27 Juni 2021 sekitar pukul 16.00 WIB, personel mendapat berita kebakaran lahan yang berada di Dusun Sirahu Desa Selatbeting melalui Lancang Kuning dan kemudian personel melakukan pencarian lokasi lahan yang terbakar dengan cara menghubungi warga Desa Selatbeting dan juga Humas PT PAL Hendra Hutapea. Kemudian Hendra mengatakan melihat asap di sekitar perbatasan PT PAL Blok E 27," kata AKP Rusdi Koto melalui pesan WA menjawab konfirmasi SIB, Senin (28/6) malam.

Mengetahui lokasi kebakaran, Kapolsek AKP Rusdi Koto memimpin anggotanya turun ke lokasi lahan yang terbakar dan langsung melakukan pemadaman bersama karyawan PT PAL.

"Api sudah padam, tetapi masih ada asap tebal dari tunggul kayu bekas terbakar dan dikhawatirkan masih dapat menimbulkan api, sehingga Kanit Reskrim dan personel memadamkan semua bara api dan memastikan titik api benar-benar padam," sebutnya. (E5/d)
Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com