Portal untuk Rawat Aset Jalan Kabupaten di Batangkuis Diduga Sengaja Ditabrak Truk


175 view
Portal untuk Rawat Aset Jalan Kabupaten di Batangkuis Diduga Sengaja Ditabrak Truk
Beritajakarta.id/harianSIB.com
Foto: Ilustrasi -
Deliserdang (SIB)
Portal yang dipasang di jalan kabupaten persisnya di samping Kantor Desa Sena, Kecamatan Batang Kuis, Kabupaten Deliserdang yang merupakan penghubung ke Kecamatan Percut Seituan diduga sengaja ditabrak truk, Kamis (6/1) subuh.

Jalan tersebut sengaja diportal karena baru saja diaspal pihak PUPR Deliserdang.

Camat Batangkuis, Avro Wibowo saat dihubungi membenarkan portal yang dibuat telah rusak. Dia menyebut tidak mengetahui portal itu sengaja dirusak atau tidak. Namun yang jelas portal itu dilihat sudah dalam keadaan tumbang atau rusak.

"Kita tidak tau disengaja atau tidak. Yang pasti tadi pagi portal itu rusak. Dan karena rusak saya lapor Kadis PUPR, sehingga sudah diperbaiki atau sudah berdiri portal untuk merawat aset jalan kabupaten yang baru saja diaspal," terang Avro.

Alasan pemasangan portal disebutnya, agar truk over kapasitas tidak dapat melalui jalan tersebut. Jalan itu merupakan kelas III yang maksimal dilalui truk bertonase 8 ton. Bila lewat tonase itu tentu jalan segera rusak.

"Jadi kita tegas untuk memportal ulang. Sebab bila tidak jalan kabupaten itu akan dilewati truk over kapasitas. Dan bila demikian tentu jalan akan cepat rusak, sehingga uang pengaspalan dari APBD Deliserdang yang juga merupakan uang rakyat tentu akan sia-sia. Mari kita masyarakat Batangkuis untuk bersama memahami dan bersama menjaga aset jalan kita," harap Avro.

Sementara itu, Kadis PUPR Deliserdang, Janso Sipahutar membenarkan telah berkordinasi dengan Camat Batangkuis soal portal yang rusak. Begitu mendapat informasi kerusakan, pihaknya langsung memerintahkan jajaran membuat portal permanen.

"Jadi kita harus bersikap tegas. Itu jalan kapasitas level III atau jalan kabupaten. Kalau tidak dibuat portal, sia-sia nanti pengaspalan. Sementara aset jalan itu sudah lama didambakan masyarakat untuk diaspal untuk kelancaran beraktivitas dalam meningkatkan perekonomian. Namun kalau truk over tonase, kami dari kabupaten tidak memperbolehkan sesuai ketentuan yang ada," tandas Janso. (C3/d)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com