Prakiraan Cuaca Seminggu ke depan di Sumut Berdasarkan BMKG : Suhu 26-36° Celcius


289 view
Prakiraan Cuaca Seminggu ke depan di Sumut Berdasarkan BMKG : Suhu 26-36° Celcius
(Foto Dok/Leo Bukit)
Logo BMKG 

Medan (harianSIB. com)

Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, Geofisika (BBMKG) Wilayah I prakirakan cuaca seminggu ke depan (19-25 Juli 2021), di wilayah Provinsi Sumatera Utara (Sumut).


Kabid Data dan Informasi BBMKG Wilayah I, Eridawati mengatakan berdasarkan monitoring kondisi dinamika atmosfer monsoon barat daya (angin baratan) mulai menguat dengan kecepatan berkisar antara 10-30 knot.

"Massa udara yang melewati wilayah Sumut relatif kering dengan nilai kelembaban berkisar antara 40-90%," kata Eridawati melalui keterangan tertulis yang diterima harianSIB.com, Rabu (21/7/2021).


Hal ini menyebabkan pertumbuhan awan tidak signifikan, sehingga dalam seminggu ke depan wilayah Sumut di prediksi umumnya cerah berawan.


Suhu udara rata-rata di wilayah Sumut di prediksi cukup panas khususnya di wilayah dataran rendah, pantai dan perkotaan dengan suhu berkisar 26-36° celcius, wilayah pegunungan dan dataran tinggi berkisar antara 18-27° celsius.


Pihaknya mengeluarkan peringatan dini yaitu waspada angin kencang yang bersifat panas dan kering di wilayah Langkat, Karo, Deliserdang, Medan, Tapanuli Selatan, Padangsidimpuan, Labuhanbatu, Labuhanbatu Utara, Padanglawas Utara.


Diminta masyarakat agar bijak dalam penggunaan api yang dapat mengakibatkan kebakaran lahan, hutan dan pemukiman. Masyarakat yang beraktifitas di luar ruangan agar menjaga kesehatan akibat kondisi yang panas dan kering.

Para pengendara berhati-hati terhadap angin kencang yang dapat membahayakan dalam berkendara. Masyarakat diimbau tetap waspada dan memantau informasi kondisi cuaca yang dikeluarkan BMKG. (*)

Penulis
: Leo Bukit
Editor
: Wilfred/Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com