Proyek Pengaspalan Dinas PUPR di Bius Gu Barat Diduga Asal Jadi, Warga Kecewa


96 view
Foto.SIB/Jantro Naibaho
ASAL JADI: Kondisi Proyek Pengaspalan Dinas PUPR di Bius Gu Barat Kecamatan Parmaksian, Kabupaten Toba mulai terkelupas. Warga kecawa dengan hasi pengerjaan proyek, Senin (11/1).
Toba (SIB)
Sejumlah warga Kecamatan Parmaksian, Kabupaten Toba mengungkapkan kekecewaannya pada hasil pengerjaan proyek Rehabilitasi Pemeliharaan Jalan Pengaspalan Lumban Manurung Pargadu. Pasalnya, proyek yang bersumber dari Dinas PUPR Kabupaten Toba dengan pagu Rp 198 juta itu diduga dikerjakan asal jadi.

Proyek yang dilaksanakan CV Colas Jaya Perkasa dengan Nomor SPK: 06.SPK/II/PL/2020 kondisinya kini mulai memprihatinkan. Jalan aspal yang baru rampung sekitar 1 bulan tersebut kini mulai terkelupas. Hal itu diduga akibat kurangnya campuran aspal.

P.Sirait salah seorang warga, Senin (11/1) mengatakan pelaksanaan proyek diduga tidak sesuai Rancangan Anggaran Biaya (RAB), dan dikerjakan asal-asalan. Hal itu diduga akibat kurangnya pengawasan dari pihak Dinas PUPR Kabupaten Toba, pada saat pelaksana proyek melakukan pekerjaan.

"Yang pasti kita sangat kecewa dengan hasil pengerjaan proyek. Material batu bercampur lumpur disiram dengan aspal, tidak dilakukan pembersihan terlebih dahulu pada material. Jadi pekerjaan kami duga asal jadi, dan tidak bertahan lama, bahkan saat ini jalan aspal sudah mulai terkelupas," terangnya.

Menanggapi hal itu, Pemerhati Kabupaten Toba, Edison Marpaung mengatakan, pihak penegak hukum harus segera memeriksa proyek pengaspalan tersebut. Katanya, setelah dicek ke lapangan, hasil pengerjaan proyek diduga kwalitasnya sangat rendah.

"Kita berharap aparat penegak hukum dapat memeriksa proyek Rehabilitasi Rehabilitasi Pemeliharaan Jalan Pengaspalan Lumban Manurung Pargadu. Kondisi di lapangan sangat memprihatinkan, kita menduga terjadi 'main mata' antara pengawas Dinas PUPR Kabupaten Toba dengan rekanan, sehingga hasil proyek tidak sesuai dengan harapan warga," ungkapnya.

PPK Dinas PUPR Kabupaten Toba, Albet dikonfirmasi mengaku pelaksanaan proyek di lapangan sudah sesuai RAB. Meski demikian pihaknya akan segera meninjau kembali ke lapangan, guna mengetahui kondisi proyek. (H03/c)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib edisi cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com