Proyek Rehab SD N 112294 Kanopan Ulu Labura Diduga Pakai Bongkaran Material Kayu Bekas

* Sekretaris: Sudah Sesuai Bestek

200 view
Proyek Rehab SD N 112294 Kanopan Ulu Labura Diduga Pakai Bongkaran Material Kayu Bekas
Foto: SIB/Jepri Nainggolan
KAYU BEKAS: Proyek rehap sekolah SDN 112294 Kanopanulu, Kecamatan Kualuhhulu, Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura) diduga pakai bongkaran material kayu bekas, Jumat (3/12).
Aekkanopan (SIB)
Proyek perehapan lima ruang kelas SD N 112294 Kanopanulu, Kecamatan Kualuhhulu, Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura) yang dibiayai DAK 2021 Kabupaten Labura diduga pakai bongkaran material kayu bekas, Jumat (3/12).

Pasalnya, material kayu perehapan sekolah yang dikerjakan CV Rezeki Kita Bersama tersebut bersumber dari material bongkaran kayu bekas.

Pantauan SIB dilokasi proyek perehapan SDN 112294, Jumat (3/12), pekerjaan yang menelan anggaran Rp 500 juta lebih tersebut sudah berjalan hampir 70 persen. Material rangka atap bangunan kelas yang dibongkar tetap terpakai, dikhawatirkan material bekas ini akan cepat rusak dimakan rayap dan sebagian lapuk terkena air. Selain itu, beberapa tiang pondasi yang dicor untuk penahan broti pemasangan asbes tidak berfungsi diteras sekolah.

"Kami tidak ada mengerjakan pergantian bahan kayu yang ada diatas sebagai rangka atap bangunan, hanya membongkar seng lama dan menggantinya dengan yang baru. Kalau, masalah kayu harus di ganti atau tidak, kami tidak tahu. Cat yang lama langsung kita timpa dengan cat yang baru, apa yang disuruh itu yang kita kerjakan," ujar seorang pekerja yang tidak mau disebutkan namanya.

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan Labura Suryaman Munthe melalui Sekretaris Pendidikan Mujiono juga merangkap PPK (Pejabat Pembuat Komitmen) dikonfirmasi via WhatsApp, Sabtu (4/12) mengatakan, terima kasih informasinya, berkenaan hal pekerjaan rehap sekolah yang menggunakan material bongkaran kayu bekas sudah saya dicek langsung dan saya konfirmasikan ke pengawas.

"Pekerjaan rehap sekolah itu sudah sesuai dengan bestek RAB (rencana awal pekerjaan)," kata Mujiono. (E8/c)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com