Puluhan Personel Polres Humbahas Dites Urine Mendadak


120 view
(Foto Dok/Humas Polres Humbahas)
TES URINE : Personel Polres Humbahas tes urine narkoba secara mendadak di Mapolres Humbahas, Senin (1/3). 
Humbahas (SIB)
Puluhan Personel Polres Humbanghasundutan (Humbahas) tes urine narkoba secara mendadak di depan ruangan Sat Resnarkoba Mapolres Humbahas, Jalan Doloksanggul-Siborongborong, Desa Tapian Nauli, Kecamatan Lintongnihuta, Senin (1/3).

Kapolres Humbahas, AKBP Ronny Nicolas Sidabutar melalui Kasat Reserse Narkoba, AKP Rissad Manalu mengatakan, kegiatan tes urine kepada anggota itu sebagai program rutin dalam meningkatkan kedisiplinan anggota dan menjadi salah satu program Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

"Sebelum menertibkan masyarakat maka kita lakukan penertiban anggota. Apalagi narkoba menjadi salah satu atensi dari pak Kapolri," kata Rissad.

Lebih lanjut dijelaskan, tes urine rutin itu juga digelar guna memastikan para anggota polisi benar-benar bebas dari Narkoba. Karena kata dia, ancaman sanksi bagi anggota Polri sudah jelas sesuai dengan arahan Kapolri yang akan memecat dengan tidak hormat bagi yang terbukti mengonsumsi Narkoba.

"Kalau ada yang dinyatakan positif (narkoba), itu langsung diberi sanksi karena sudah ada ketentuannya," ujar Rissad.
Ditambahkan, dalam hal penindakan kasus penyalahgunaan narkoba, Polres Humbahas tidak akan tebang pilih, baik masyarakat umum ataupun anggota Polri jika terlibat kasus tersebut akan ditindak dan diproses sesuai dengan aturan yang berlaku.

Kata dia, hal itu tertuang dalam Surat Telegram Kapolda Sumut nomor : STR/23/I/OPS.1.3.1/2021 tanggal 25 Januari 2021, perihal terkait penindakan terhadap kejahatan penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkotika di wilayah Provinsi Sumut.

Hasil tes urine sebanyak 25 orang, dengan rincian 12 perwira dan 13 bintara, tidak ada ditemukan yang menggunakan narkoba atau hasilnya negatif narkoba seluruhnya. (BR7/f)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib edisi cetak
Tag:
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com