Puluhan Warga Desa Pertengahan Laporkan Dugaan Penyelewengan DD ke Polres Taput


396 view
Puluhan Warga Desa Pertengahan Laporkan Dugaan Penyelewengan DD ke Polres Taput
Net/harianSIB.com
 Ilustrasi 

Tapanuli Utara (SIB)

Puluhan warga Desa Pertengahan, Kecamatan Parmonangan, Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) melaporkan dugaan penyelewengan Dana Desa (DD) TA 2019, 2020 dan 2021 ke Polres Taput.


Dalam keterangan persnya, Selasa (1/3), R Manalu salah satu perwakilan warga mengatakan, laporan ke Polres Taput disampaikan Senin (28/2).


Menurut Manalu, pengelolaan DD tahun 2019 untuk perkerasan Jalan Dusun III Simarsalaon Rp 750 juta diduga tidak dilaksanakan secara transparan dan tanpa musyawarah desa.


Kemudian, diduga ada pemotongan dana bedah rumah TA 2019 Rp 1,5 juta tiap penerima bedah rumah.


Warga lain S Silaban mengatakan, pengelolaan DD TA 2020 Rp 750 juta hanya dilakukan pembangunan rabat beton di Dusun 1 Huta Pangasean berbiaya Rp 126 juta lebih dan Bantuan Langsung Tunai (BLT) selama 8 bulan (Januari-Agustus) dengan anggaran Rp 189 juta lebih yang diberikan kepada 79 Kepala Keluarga (KK) dengan perincian Rp 300 ribu/KK.


Selain itu, pengelolaan DD TA 2021 Rp 750 juta hanya diperuntukkan untuk pencairan dana BLT selama 11 bulan (Januari-November) dan adanya pemotongan DD untuk penanganan pandemi Covid-19 sebesar 8 % dari pagu DD Rp 60 juta.


"Jadi dugaan penyelewengan kelihatan ketika sisa penggunaan DD tidak tertera dan tidak jelas keberadaan uangnya di mana," ujar warga.


Sementara itu, Kades Pertengahan Marto Manalu saat dikonfirmasi melalui WhatsApp menyampaikan, bahwa pengaduan warga tersebut sedang diproses Polres Taput tapi pihaknya meyakini bahwa dugaan penyelewengan DD yang telah dilaporkan itu adalah fitnah.


Kapolres Taput, AKBP Ronald Sipayung ketika dikonfirmasi membenarkan adanya laporan tersebut. "Terkait laporan tersebut kita sedang melakukan verifikasi kepada Inspektorat Taput selaku Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP)," ucap Kapolres. (BR6/f)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com