Puluhan Warga Unjuk Rasa, Tolak Keberadaan Tower di Lingkungan XX Kuala Bekala Medan Johor


424 view
Puluhan Warga Unjuk Rasa, Tolak Keberadaan Tower di Lingkungan XX Kuala Bekala Medan Johor
Foto SIB/Desra Gurusinga
Unjukrasa : Puluhan warga Simalingkar B dan Kwala Bekala melakukan aksi unjukrasa menuntut pembongkaran tower telekomunikasi yang ada di dekat rumah mereka, Rabu  (7/7/2021) malam.

Medan (harianSIB.com)


Puluhan warga Jalan Bunga Bangsa Kelurahan Simalingkar B dan Lingkungan XX Kelurahan Kwala Bekala berunjuk rasa, Rabu (7/7/2021) malam. Warga menuntut pembongkaran tower telekomunikasi di dekat pemukiman mereka.


Pasalnya, warga merasa takut dengan radiasi tower telekomunikasi yang berdampak buruk terhadap kesehatan dan lingkungan di sekitarnya.


Warga di antaranya, Boni Pangaribuan, Halomoan Manalu, Lot Berutu, sejumlah kaum ibu yang didampingi Ketua PAC Pemuda Batak Bersatu (PBB) Simanjuntak mendesak agar tower yang sudah berdiri lama itu segera dibongkar karena sudah meresahkan warga.


“Dulu waktu tower itu didirikan, belum ada rumah warga di sekitarnya. Namun kini, sudah dipenuhi perumahan warga sehingga menimbulkan kekhawatiran ,” ujar Boni Pangaribuan kepada jurnalis koran SIB, Desra Gurusinga.


Parahnya lagi, sudah banyak kerusakan alat elektronik milik warga yang rusak, termasuk peralatan listrik seperti, terbakarnya MCB listrik rumah warga.


Seperti diungkapkan warga Gang Solin, JT Tumanggor selama berdirinya tower itu, ia sudah menjual TV miliknya menjadi barang bekas karena rusak. Namun, tidak ada respon apapun dari pihak tower. Padahal, biasanya kalau ada alat elektronik milik warga yang rusak, pihak tower langsung memperbaiki dan mengganti ruginya.


Sementara itu, dalam orasinya warga menyebutkan mereka khawatir tower tumbang dan mengenai rumah yang padat penduduknya. Belum lagi kekhawatiran mereka akan korban jiwa kalau tower itu tumbang.


Bahaya radiasi yang ditimbulkan tower telekomunikasi itu juga dikhawatirkan warga bisa merusak pertumbuhan anak-anak mereka yang masih kecil. Begitu juga dengan banyaknya anak-anak yang bermain di sekitar tower, dikhawatirkan tersengat arus listrik.


Saat melakukan aksi unjukrasa, warga sempat bertemu dengan pihak tower. Keberatan warga disampaikan kepada pihak tower, namun jawaban yang diberikan justru sempat memancing emosi warga. Bahkan warga sempat bersoal jawab dengan pihak tower di lokasi. Namun warga tidak mau terpancing emosi dan berharap aparat pemerintahan dan keamanan segera turun tangan membongkar tower yang sudah meresahkan warga itu. (*)

Editor
: Robert/Eva
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com